Friday, December 17, 2010

Menekuni Bisnis Toko bunga


Utk Memulai sebuah bisnis bunga dgn memiliki sebuah toko bunga atau online florist permanen, baik dgn membeli atau menyewa tempat usaha, adalah sebuah kerja keras. Hal ini mengingat toko bunga atau online florist bekerja penuh selama 7 hari dalam seminggu 30-31 hari dalam sebulan. Sedikt sekali yg buka 6 hari dalam seminggu, yg artinya menekuni bisnis toko bunga atau online florist sama dgn mempersiapkan diri utk tidak mempunyai hari libur yg tetap.

Itu semua berubah ketika bisnis bunga yg kita jalankan sudah mencapai tahap kesuksesan berarti kita hanya perlu waktu 2 hari kerja, yaitu hari jum'at dan senin/selasa. Hari jum'at dipergunakan utk mempersiapkan pesanan yg membludak pada hari sabtu dan minggunya, sedangkan hari senin/selasa memantau sirkulasi tagihan dan pengeluaran toko bunga atau online florist.

Ide utk menjalankan usaha dalam bentuk toko bunga atau online florist wajib diimbangi dgn kesiapan mental, dana dan ketrampilan. Tekad yg kuat akan mengawali langkah yg optimis dalam sebuah persaingan bisnis yg sangat kompleks, baik dari sisi waktu maupun kualitas hasil.

Salah satu caranya adalah dgn mempunyai ketrampilan dalam merangkai bunga. Tidak wajib mahir dan detail, tetapi cukup dgn mengetahui dasar-dasar merangkai bunga dan menjalankannya karena pengalaman adalah guru yg terbaik.

Modal awal yg wajib dikeluarkan relatif, sesuai dgn kebutuhan kita dalam merencanakan toko bunga atau online florist yg ideal. Utk anda yg menyewa sebuah toko bunga atau online florist di sebuah kawasan pedagang bunga yg sudah resmi dan ramai maka jumlah yg wajib dipersiapkan sekitar 50 juta. Dgn asumsi biaya sewa selama 2 tahun adalah 40 juta dan biaya pembelian peralatan di satu bulan pertama adalah 10 juta. Biaya ini bisa lebih dan juga bisa kurang sesuai kebutuhan. Perkiraan prediksi baliknya modal yg dikeluarkan adalah 12 bulan. Sehingga di tahun kedua anda bisa mendapat keuntungan 100%. Namun wajib diperhatikan pula kekuatan perjanjian dgn pemilik tempat. Sehingga pada saat anda mulai menikmati hasil, usaha anda tidak diambil begitu saja.

Utk anda yg secara pribadi telah memiliki relasi yg luas, maka tidak ada salahnya menjalin kerjasama terlebih dahulu dgn toko bunga atau online florist yg sudah berpengalaman dalam memproduksi bunga-bunga rangkaian, baik bunga papan, table flower, maupun standing flower. Di mana status anda sementara adalah sebagai marketing eksklusif yg bersifat pribadi dan independen dan bukan sebagai karyawan toko tersebut. Sedangkan toko bunga atau online florist yg bekerjasama dgn anda disebut sebagai vendor. Tentunya diperlukan perjanjian yg jelas dan kesiapan menghadapi 2 sisi yg berbeda namun berkaitan. Pihak Vendor siap memberikan hasil produksi bunga yg konsisten dan anda siap membayarkan hasil produksi tersebut dgn cepat. Sehingga perputaran modal pihak vendor juga terjamin.

Sumber: www.anadisya.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

No comments:

Post a Comment