Friday, November 12, 2010

Proses Pembutan Alaram


Pada artikel ini akan dibahas mengenai pembuatan sistem pencegah kejahatan melalui pemakaian beberapa suku cadang motor yg masih layak Akan tetapi tdk lagi digunakan. Berikut akan dipaparkan pembuatan rangkaian alarm rumah yg sederhana, mudah dirangkai, hemat biaya, dan tentunya membanggakan karena secara tdk langsung turut melakukan proses daur ulang.

Pembuatannya tentu saja dpt dilakukan sendiri. Akan tetapi sebelumnya, siapkan dahulu beberapa suku cadang motor utk perlengkapan:

2 buah saklar/switch lampu indikator pintu mobil (saklar model pencet).

2 buah klakson mobil.

1 buah adaptor listrik yg dpt mengubah arus AC menjdi DC (seperti yg digunakan pada adaptor konsol game Sega).

1 buah tusuk kontak dengan indikator ON/OFF.

1 buah cable roll/colokan listrik.

Kabel listrik yg panjangnya tergantung kebutuhan pemasangan.

Biaya yg diperlukan utk pembelian berbagai barang-barang suku cadang motor tersebut cukup terjangkau, tergantung kualitas bahan dari barang-barang elektronik dan panjang kabel listrik yg diperlukan.

Setelah semua suku cadang motor telah siap,berikut cara pemasangan rangkaian alarm dimaksud:

1. Ambil kabel secukupnya utk menghubungkan kedua buah klakson dengan adaptor. Panjang kabel tergantung jarak yg diinginkan ketika melakukan penempatan antara klakson dengan adaptor.

2. Kemudian colok adaptor ke cable roll.

3. Ambil kabel secukupnya utk menghubungkan cable roll dengan saklar. Panjang kabel disesuaikan dengan jarak penempatan yg diinginkan antara saklar dengan cable roll. Saklar tekan dpt ditempatkan di sekitar engsel pintu garasi atau pintu halaman karena saklar akan menyala apabila tdk menerima tekanan dari bilah pintu. Pemasangan saklar pada pintu dpt dilakukan dengan cara melubangi utk penempatannya.

4. Ambil kabel secukupnya utk menghubungkan saklar tekan dengan tusuk kontak. Panjang kabel tergantung dari posisi penempatan tusuk kontak yg diinginkan.

5. Colok tusuk kontak pada cable roll/colokan yg terdpt di dalam rumah.

Apabila pemasangan rangkaian telah dilakukan, alarm dpt diuji coba. Akan tetapi tdk lupa utk memindahkan posisi tombol saklar ke posisi ON. Apabila saklar di posisi ON, alarm akan berbunyi apabila pintu garasi dibuka. Sementara bila pintu tertutup, alarm tdk akan berteriak.

Sekedar tips, nonaktifkan saklar (switch ke posisi OFF) selagi mengeluarkan motor dari halaman. Selain dpt memekakkan telinga.

Sumber: gilamotor.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

No comments:

Post a Comment