Wednesday, November 10, 2010

Awasi Setingan Audio Mobil Anda

Kita sering mendengar istilah speaker jebol, artinya speaker tersebut rusak dan tidak bisa lagi bersuara dengan normal. Nah ada beberapa penyebab speaker jebol, tapi secara umum kerusakan speaker ada dua macam, yaitu kerusakan secara mekanik dan elektrik pada audio mobil

Kerusakan secara mekanik, artinya kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan frekuensi yang masuk ke speaker. Jadi frekuensi yang masuk ke speaker, nilainya diluar jangkauan kerja speaker tersebut, misalnya tweeter diberi sinyal rendah 30 Hz. Padahal jangkauan kerja frekuensi tweeter adalah umumnya di antara 3000 Hz – 20.000 Hz. Frekuensi yang merusak speaker biasanya frekuensi yang terlalu rendah dari batas kemampuan speaker.

Bas yang lebih deep, kita beri boks dengan volume 2 cubicfeet. Betul, suara yang keluar akan jadi lebih deep, tetapi bisa merusak subwoofer karena gerakkan subwoofer menjadi terlalu bebas yang akhirnya akan merusak system suspensi. Boks memiliki nilai tahanan terhadap gerakkan subwoofer. Semakin besar boks, semakin rendah tahanannya, otomatis semakin bebas gerakkan subwoofer yang berakibat semakin rendah bas yang keluar plus resiko jebol akan meningkat. Jadi perhatikan rekomendasi boks dari pihak pabrikan subwoofer.

Bila anda ingin merubah volume boks, rubahlah dalam batas toleransi 25%, jangan lebih. Contohnya bila spesifikasi subwoofer menyarankan untuk menggunakan boks bervolume 1 cubicfeet, maka anda bisa bermain dengan volume boks antara 0,75 – 1,25 cubicfeet agar aman.

Kerusakan secara elektrik, artinya kerusakan yang disebabkan oleh daya yang masuk terlalu berlebihan dalam jangka waktu lama secara terus menerus. Misalnya sebuah speaker punya power handling 100 Watt, lalu kita hajar dengan 500 Watt secara terus menerus dalam waktu lama, maka voice coil speaker akan menjadi panas dan akhirnya hangus. Coba atur kembali gain amplifier anda, bass boost dan remote bass.

Solusinya, atur kembali crossover, equalizer, gain amplifier dan periksa kembali boks anda, pastikan semuanya tidak melewati kemampuan kerja speaker anda. Bagaimana bisa tahu batas kemampuan speaker anda?

Sumber - belajaraudiomobil.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

No comments:

Post a Comment