Wednesday, September 29, 2010

Tips Memilih Tempat Kursus yang Tepat



Jenis kursus
Ini pertimbangan utama yang harus Anda tentukan lebih dahulu, baik untuk kursus keterampilan maupun kursus peningkatan kompetensi. Misalnya jika Anda ingin mengikuti kursus misalnya keterampilan bahasa dalam waktu singkat, Anda dapat memilih program regular.

Biaya
Hal lain yang juga perlu Anda pertimbangan adalah biaya. Pikirkan biaya yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda. Biasanya tempat kursus dengan fasilitas dan kualitas yang bagus biayanya memang mahal. Tapi jika dibandingkan dengan ilmu yang Anda dapatkan, biaya yang dikeluarkan tentu tidak terlalu berarti.

Pengajar
Poin yang satu ini amat penting bagi Anda yang ingin cari tempat kursus. Karena tanpa pengajar yang bagus, mustahil Anda dapat mencerna pelajaran dengan baik. Untuk itu, cari informasi tempat kursus mana saja yang pengajarnya berkualitas. Anda bisa bertanya pada teman-teman yang lebih dahulu kursus. Bisa juga Anda cari lewat media online atau media cetak yang menyajikan informasi tersebut.

Fasilitas
Belajar dengan fasilitas yang lengkap dan mempermudah proses belajar memang asyik. Misalnya tempat kursus itu dilengkapi dengan kelas yang nyaman dan ber-AC, perpustakaan yang lengkap, dan ruangan audio visual. Biasanya dengan fasilitas ini belajar pun tambah semangat dan enjoy.

Jumlah siswa
Belajar bersama di kelas memang seru. Tapi ingat, kalau terlalu banyak Anda malah sulit konsentrasi. Kalau bisa, belajarlah dengan jumlah siswa paling banyak 10 atau 15 orang. Jumlah ini cukup ideal untuk belajar di kelas, tidak kebanyakan dan tidak terlalu sedikit.

Lokasi
Kalau bisa pilihlah tempat kursus yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kantor atau tempat tinggal Anda. Sehingga Anda mudah menjangkaunya dan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di jalan. Tempat yang jauh dikhawatirkan akan menghabiskan waktu dan energi Anda.

Waktu
Aturlah waktu kursus Anda sedemikian rupa. Kalau bisa pilihlah waktu kursus di saat libur seperti Sabtu dan Minggu. Maksudnya agar tidak bentrok dengan waktu kerja Anda. Bisa juga Anda pilih waktu setelah jam kantor, misalnya jam 7 sampai 9 malam. Dengan catatan, fisik dan energi Anda masih cukup kuat untuk menjalani kursus setelah seharian bekerja.

sumber: portalhr.com

No comments:

Post a Comment