Friday, September 24, 2010

Tips dan Kiat Konsultasi Kesehatan



Zaman sekarang susah mencari dokter berkualitas. yang sering justru mendapati dokter dengan biaya konsultasi kesehatan yang mahal dan perasaan tak puas, namun tak bisa berbuat apa-apa?

Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips dan trik konsultasi kesehatan agar kunjungan dan dana tak sia-sia.

Memilih dokter sesuai keluhan.

Dalam memilih dokter, kenali dulu sakit anda. Jika mengalami tanda-tanda diabetes, mendatangi ke ahli endokrin. Jika menderita asma, mengunjungi dokter ahli paru atau pulmonologist, dll.

Namun ada saatnya gejala yang dialami rancu dan tidak jelas. Sakit kepala, misalnya, bisa disebabkan beragam kondisi mulai dari mata tegang hingga masalah sinus. Jika situasi ini yang dialami, sebaiknya mengunjungi dokter umum yang kemudian dapat merujuk ke spesialis bila perlu.

Jangan takut bertanya.

Saat berkonsultasi dengan dokter jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan apapun yang mengganjal di benak. Kalau sang dokter terlihat kurang komunikatif atau terkesan enggan menjawab pertanyaan, dapat dipertimbangkan untuk mencari alternatif dokter lain.

Masalah Asuransi.

Bila menjadi peserta asuransi kesehatan, dapat dipastikan untuk memilih dokter yang berpraktek dirumah sakit rujukan perusahaan asuransi tersebut. Bila harus dirawat di rumah sakit, dokter bisa terus merawat dan mengawasi perkembangan. Pastikan kesepakatan awal Anda dengan pihak asuransi tepat, karena masalah kesehatan adalah penting.

Pastikan merasa nyaman.

Memilih dokter yang sejak awal membuat merasa nyaman, membuat percaya diri untuk menyampaikan segala keluhan dan dapat menenangkan kekhawatiran dengan alasan yang logis. Hubungan antara dokter pasien sangat penting dan harus didasarkan pada kejujuran serta rasa saling percaya. Semakin merasa yakin pada dokter, kemungkinan akan semakin patuh pada program perawatan yang dokter tetapkan.

Pertimbangan Kemudahan akses

Dalam menentukan pilihan, dapat dipertimbangkan tentang lokasi dan jadwal praktek dokter. Kapankah waktu yang paling memungkinkan pergi ke dokter? Sepulang kantor atau di akhir pekan? Jika harus dirawat apakah lebih memilih rumah sakit di dekat kantor atau di dekat rumah? Semua ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Pertimbangan anggaran.

Biaya jasa konsultasi dokter di berbagai rumah sakit cukup bervariasi ada dokter murah dan yang mahal .sebaiknya mencari dokter gratis yang sesuai kantong. Sebelum menjalani pemeriksaan laboratorium dan tindakan apapun, jangan lupa pula menanyakan biayanya pada petugas administrasi rumah sakit.

Mencari rekomendasi.

Jika masih tak yakin, dapat mencoba menanyakan pada kerabat, teman atau kolega untuk mendapatkan rekomendasi mengenai dokter yang dipercayai. Namun jangan sepenuhnya mengendalikan rekomendasi individu seperti ini tolak ukur orang lain bisa berbeda. Bertanyalah pada orang yang tepat maka Anda akan mendapatkan jawaban yang benar.

Sumber: infohangat.com

Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis 88DB.com

No comments:

Post a Comment