Monday, September 27, 2010

Rumah Susun Murah Yang Non Fasilitas

Pembangunan rumah susun sederhana (rusunawa) di Juminahan, Kota Yogyakarta, selesai November tahun lalu. Namun, sampai saat ini, rusunawa itu belum ada penghuninya. Warga di pinggiran Sungai Code menolak menempati rumah itu karena belum ada fasilitas seperti listrik, air, dan saluran pembuangan limbah.

Warga sepakat menolak pindah ke rusunawa karena masih harus dibebani biaya. Selain itu, sistem sewa rusunawa dibatasi selama tiga tahun. Sehingga peraturan itu malah akan membingungkan dengan penghasilan yang minim, warga keberatan terhadap besarnya uang sewa yang akan dikenakan. Selain itu, warga enggan pindah ke rusunawa karena fasilitas di sana belum lengkap. "Kalau misalnya tinggal di rusunawa lantai atas, masak mau ngangsu (ambil air) dari bawah?

Sementara itu Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Yogyakarta, menyatakan instansinya akan mengevaluasi pembangunan instalasi pengolahan air limbah, jalan masuk ke rumah susun, dan fasilitas pendukung lainnya. "Pembangunan sejumlah fasilitas pendukung tersebut memerlukan mekanisme tersendiri," tuturnya.Pemerintah kota juga saat ini masih menunggu kejelasan dan serah terima rumah susun tersebut dari pemerintah pusat. "Kami belum bisa melakukan apa-apa karena masih menunggu penyerahan dari pusat, seperti yang dilakukan pada serah terima Rusunawa Cokrodirjan

Eko menambahkan, jika rumah susun itu sudah diserahkan pemerintah pusat kepada Pemerintah Kota Yogyakarta, pihaknya akan membentuk tim lintas dinas sebagai pengelola dan manajemen rumah susun. Misalnya dengan melibatkan Dinas Sosial Tenaga Kerja, kelurahan, dan kecamatan.

Pihaknya masih akan memberi masukan kepada panitia anggaran dewan perwakilan rakyat daerah kota untuk dijadikan sebagai bahan dalam pembicaraan antara pihak eksekutif dan legislatif mengenai kelanjutan pengelolaan Rusunawa Juminahan. "Pembiayaan lanjutan Rusunawa Juminahan, apakah masuk ke anggaran belanja tambahan (ABT) atau ke anggaran 2010,"

Sumber – tempo

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan : Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

No comments:

Post a Comment

Post a Comment