Monday, September 27, 2010

Inilah Elemen Manajemen Pembangunan Kota

Dalam perencanaan wilayah dan kota, dibutuhkan suatu manajemen sebagai upaya untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya yang ada secara baik. Manajemen juga diperlukan sebagai alat mengimplementasikan rencana tata ruang serta pembangunan. Secara umum, manajemen pembangunan memang dijalankan oleh institusi-institusi pemerintah. Namun secara khusus, banyak yang terlibat dalam manajemen pembangunan kota tersebut. Pelaku manajemen pembangunan kota terdiri dari pemerintah (government/public sector), swasta (private sector), masyarakat (community), serta lembaga swadaya masyarakat (non-governmental organizations/ NGOs).

Semua pelaku yang terlibat dalam pembangunan tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Pemerintah berperan dalam merancang kerangka pembangunan, melakukan hal-hal operasional dari skala lokal sampai nasional, melakukan intervensi dalam pembangunan, serta sebagai pihak yang mengatur dan melandaskan hukum dalam setiap pembangunan. Selain itu pemerintah juga bertugas untuk menyediakan basic services seperti infrastruktur kepada masyarakat. Lebih jauh lagi, pemerintah harus bisa melaksanakan good governance yang memperhatikan kesejahteraan ekonomi, kestabilan politik, serta pelaksanaan kebijakan adminstratif. Biasanya pemerintah lebih bersifat kaku dan kurang berani mengambil resiko dalam keputusan pembangunannya.

Selanjutnya, stakeholder lain yaitu pihak swasta atau private sector juga memiliki peranan penting dalam manajemen pembangunan kota. Sebagai pihak yang mewakili pasar, pihak swasta merupakan pihak yang memiliki modal finansial yang besar untuk dapat dimanfaatkan dalam pembangunan. Selain itu pihak swasta ini memiliki karakteristik yang lebih flexible dari pemerintah dan berani mengambil resiko.

Pelaku lainnya yaitu masyarakat merupakan bagian dari manajemen pembangunan yang sekarang ini tidak hanya sebagai objek, tapi juga menjadi pelaku dan tokoh kunci dalam perencanaan dan implementasi suatu program pembangunan. Pelaku manajemen pembangunan kota yang lain adalah lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau Non-Governmental Organizations (NGOs). LSM merupakan lembaga yang berorientasi untuk membantu masyarakat lokal sebagai fasilitator dalam penyediaan pelayanan dan melakukan pengembangan masyarakat.

Sumber - iogavoice.blogspot.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan : Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

No comments:

Post a Comment