Monday, September 27, 2010

Belajar Properti: Ingatlah Lima "K" dalam Investasi Properti



Rintangan terbesar dalam berinvestasi properti adalah diri Anda sendiri. Banyak orang yang telah berupaya untuk menjadi kaya dari investasi properti, namun mereka gagal. Jika Anda ingin menjadi kaya melalui properti, Anda harus sungguh-sungguh menginginkannya. Keinginan yang sungguh-sungguh ini diukur dengan lima hal utama yang disebut "Lima K" dalam belajar properti.

1. Kekayaan

Yakinlah pada diri sendiri. Ini memang klise tetapi ini sangat penting. Kebanyakan dari kita tumbuh dewasa dengan meyakini bahwa kita tidak ditakdirkan untuk menjadi orang kaya. Tetapi faktanya, setiap orang yang tidak rela menerima kegagalan dan bersedia belajar dari kesalahan dan pengalaman orang lain di sektor properti, akan sukses menjadi kaya.

2. Kesadaran

Berpikir jernih membutuhkan motivasi dan kemampuan mengatasi stres. Kehidupan kita penuh akan rintangan-rintangan, sehingga perhatian kita mudah teralih. Untuk tetap fokus, dibutuhkan kesadaran yang tinggi. Perhatikan menu makanan Anda dan berolah ragalah secara teratur. Pelajarilah teknik-teknik pengurangan stres dan kuasai manajemen waktu, serta pertahankan sikap berpikir positif. Semua faktor ini sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam investasi properti.

3. Komitmen

Sediakan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Bila Anda sedang membeli properti, mungkin Anda hanya memerlukan waktu ekstra beberapa jam. Namun bila tujuan Anda adalah kebebasan finansial, dedikasikan waktu ekstra, minimal tiga hari dalam seminggu. Masuklah ke sekolah properti sehabis jam kantor.

4. Kerja Sama

Jalinlah kerja sama dengan setiap orang yang terkait dengan bisnis properti di sekolah properti Anda. Diskusikan bisnis Anda dengan orang-orang terdekat. Anda perlu berbagi mimpi dengan mereka, atau paling tidak bekerja sama dengan mereka, agar beban Anda bisa sedikit berkurang. Dan kapasitas mental Anda menjadi orang yang sukses akan semakin berkembang.

5. Kompromi

Emosi Anda dapat menjadi penghalang kesuksesan. Ingat, ini merupakan bisnis yang membutuhkan kompromi dan kesepakatan untuk mencapai tujuan Anda. Bila Anda terlalu kaku, Anda akan sulit mencapai kesuksesan dalam investasi properti.

Keyakinan pada diri sendiri, kegigihan, dan pikiran terbuka sangatlah penting dalam pengembangan kekayaan melalui investasi properti. Mungkin Anda harus membuat kesepakatan yang sulit, semisal menunda membeli barang yang benar-benar Anda inginkan dan terpaksa mengalokasikan dana untuk membeli properti. Pertimbangkan hal ini sebelum menentukan apa yang akan dibeli, tetapi juga ingat bahwa pembelian properti yang menguntungkan tidak mungkin terjadi tanpa formula "Lima K" tersebut.

Saran terbaik, bacalah secara seksama media cetak yang memuat topik seputar tanah dan pengembangannya. Baca buku-buku tentang investasi properti, artikel-artikel dari majalah seputar investasi properti, ceramah dari pakar-pakar properti melalui seminar.

Selain sejumlah pengetahuan Anda tentang faktor-faktor fundamental investasi properti, sumber pembelajaran lain adalah lewat pengalaman dan pengamatan Anda sendiri. Belajarlah dari kesalahan orang lain. Mereka yang gagal atau menolak belajar dari kesalahan orang lain, tidak akan meraup keuntungan layaknya investor dan pelaku bisnis properti yang sukses.(Panangian Simanungkalit)

Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis 88DB.com

edukasi.kompas.com

No comments:

Post a Comment