Friday, August 27, 2010

Tips Memulai Usaha dan Bisnis Baru Sendiri


1. Buka mata, buka telinga. Lihat peluang usaha di sekitar Anda. Ada puluhan, bahkan ratusan Peluang Usaha yang jika kita cermati, dapat dijadikan sumber inspirasi bagi Anda, untuk melakukan hal yang sama.

2. Setelah melihat berbagai macam peluang, putuskan bidang usaha apa yang akan ada kerjakan. Apakah bidang makanan?minuman? Pakaian? Merchandise? Usaha teknik? Jasa pengangkutan?dll. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam memutuskan usaha yang akan dijalani adalah apakah usaha tersebut sesuai dengan bakat dan hoby yang Anda miliki. Usaha Anda akan lebih cepat berhasil jika anda menyenangi bidang usaha tersebut. Berbeda jika usaha yang dijalani tidak sesuai dengan bakat dan hobi. Anda akan setengah-setengah menjalaninya

3. Pelajari dengan sungguh-sungguh usaha apa yang akan Anda rintis. Cari tahu sedalam-dalamnya berkaitan dengan usaha tersebut. Bagaimana permodalannya, proses produksi, pemasaran, jalur distribusi, bahkan sampai pada hambatan-hambatan yang mungkin terjadi. Jangan malu untuk bertanya pada orang-orang yang telah menjalani bisnis tersebut. Anda akan mendapatkan informasi menarik dan akurat yang tidak mungkin Anda dapatkan dari buku bacaan.

4. Berkenalanlah dengan para pemilik franchise-franchise besar, sesuai bisnis Anda. Lihat bagaimana mereka menjalankan usahanya dan berhasil. Anda akan termotivasi untuk bisa seperti mereka

5. Seorang entreprenuer yang sukses adalah mereka yang mempunyai visi. Tentukan visi Anda untuk paling tidak sepuluh tahun mendatang, sehingga Anda memiliki fokus yang jelas terhadap bisnis yang Anda jalankan.

6. Buat rencana kerja dan perhitungan bisnis yang benar-benar matang. Menyangkut permodalan, proses produksi dan kapan kira-kira usaha Anda mulai mendatangkan hasil. Di semester awal kah? Di tahun pertama? Atau di lima tahun mendatang.

7. Jika Anda belum cukup yakin pada kemampuan diri sendiri, ajak orang lain untuk bergabung dengan Anda. Baik untuk support di bidang permodalan, produksi, ataupun kerjasama lainnya. Yang perlu diperhitungkan adalah Anda harus ”trust/percaya” pada orang tersebut. Karena modal dasar bisnis adalah kepercayaan

8. Keluarkan segenap kemampuan dalam mengeksplorasi kemampuan Anda menjalankan bisnis. Jangan ragu untuk memulai usaha. Ingat! Maju mundurnya bisnis Anda, tergantung pada kesiapan Anda sendiri.

9. Luangkan waktu untuk melihat progress usaha Anda. Jangan hanya berkutat dan terfokus pada proses bisnis yang sedang Anda jalani, sehingga Anda bisa mengukur sejauh mana keberhasilan bisnis Anda. Dan bandingkan dengan pengusaha /pebisnis lainnya.

10. Datangi pelatihan-pelatihan kewirausahaan yang berhubungan dengan bisnis Anda. Juga bergabung dengan komunitas entrepreneurship untuk menambah jejaring bisnis dan tetap memotivasi diri untuk terus maju

11. Seorang entrepreneur adalah juga seorang pemasar yang tangguh. Ia tak kenal lelah menceritakan dan meyakinkan sebanyak mungkin orang pada saat kapanpun tentang betapa bernilainya bisnis baru yang ia garap

12. Terus lakukan terobosan-terobosan dan inovasi dalam mengembangkan produk Anda, agar tidak kalah bersaing dengan produk sejenis.

13. Jangan lupa untuk terus berdoa, dan tebar kebaikan untuk orang-orang di sekeliling Anda. Ingat, keberhasilan Anda tidak lepas dari dukungan dan support dari orang-orang yang berada di sekitar Anda.

sumber:yea.co.id

Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

No comments:

Post a Comment