Monday, August 2, 2010

Tips Bermain dan Kursus Saham FOrex


Dikutip dari CBN CyberSHOPPING

Dengan Hormat, saya tertarik sekali dengan saham, tapi saya belum tahu cara bermainnya. Sebenarnya saya ingin ikut Kursus Saham semacam simulasi saham, tapi saya belum tahu situs mana yang menyediakan hal tersebut.

Bisakah Bapak memberikan saran kepada saya, apa yang pertama kali saya lakukan bila saya ingin mencemplungkan diri-lah istilahnya, ke dunia main saham ini?

Atas jawaban Anda, saya ucapkan terima kasih.

Anas Zaenuri --- Bandung

Jawaban:

Pak Anas, sebelumnya ada satu hal yang harus saya tegaskan pada Anda, yaitu apa tujuan Anda sebenarnya? apakah "bermain" seperti yang Anda katakan, atau berinvestasi (jangka panjang) dalam instrumen saham?

Karena saham hanyalah instrumen atau alat, dan tujuan Anda akan mempengaruhi bagaimana cara memanfaatkan alat ini. Jika Anda bermaksud untuk berinvestasi pada saham, maka yang perlu Anda lakukan adalah menentukan sektor usaha dan perusahaan yang tepat. Sedangkan jika Anda ingin "bermain" dalam arti mengambil keuntungan dalam jangka pendek dengan memanfaatkan margin jual-beli, maka yang harus Anda lakukan bukan hanya menentukan sektor usaha dan perusahaan yang tepat, melainkan ditambah lagi dengan menentukan waktu yang tepat pula untuk masuk dan keluar dari bursa.

Jika Anda ingin melakukan simulasi saham, mudah saja, ada beberapa situs Kursus Saham di internet yang bisa Anda gunakan untuk belajar mengenai hal ini. Lakukan saja pencarian di search engine dengan keyword "simulasi saham". Ada beberapa perusahaan yang menyediakan fasilitas ini dengan gratis atau berbayar. Di sini Anda bisa belajar mengenai saham tanpa harus mengorbankan banyak uang untuk bereksperimen. Namun tentu saja Anda juga tidak bisa mendapatkan keuntungan walaupun sudah "menang", karena ini hanya simulasi saja.

Sebelum memutuskan untuk mulai terjun, saya sangat sarankan agar Anda menyiapkan sejumlah modal yang bebas. Bebas dalam arti keuangan Anda tidak akan banyak terganggu walaupun harus terpaksa kehilangan uang tersebut karena merugi dalam bursa. Hal ini penting sekali untuk membangun mental. Karena jika Anda mengorbankan uang yang akan digunakan untuk hal tertentu, lalu merugi, bisa jadi Anda akan kapok dan tidak mau lagi terjun di sini.

Selamat bermain...

Salam,

Ahmad Gozali

perencanakeuangan.com

No comments:

Post a Comment