Monday, August 2, 2010

Sistem Bimbel Di Indonesia

Begitu menginjak bangku Kelas XII SMA, pikiran kita langsung tertuju untuk mendaftar bimbel. Wajar. Standar UN yang lumayan tinggi bikin nyali kita bergidik, nggak pede bisa lulus atau nggak.Sampe saat ini, bimbel emang masih jadi pilihan solusi terbaik. Maklum, mereka biasanya punya metode pengajaran dan cara praktis untuk menjawab soal. Tapi apakah harus pas Kelas XII baru kita grusak-grusuk kepikiran pengen ikut bimbel?

Seharusnya persiapan ikut bimbel direncanain dari awal masuk SMA. Kalo emang niatnya pengen sukses dan lulus SMA nantinya. Sebab, dengan kontinyu ikut bimbel, kita jadi terbiasa dengan metode-metode yang ditawarkan bimbel. Psikologi kita jadinya juga lebih siap menghadapi final exam, UN itu,Itu sebabnya, sebelum mutusin mau pilih Guru bimbel, kita harus tau dulu program yang mereka punya. Jangan sampe program yang ditawarin cuma menggenjot kita di akhir Kelas XII. Soalnya kan, persiapan UN harusnya udah digeber dari Kelas X, biar nggak panik pas Kelas XII. Apalagi begitu tau UN dimajuin, kayak tahun ini.

Biar makin sukses, sebaiknya kita juga nyari bimbel yang sekaligus bisa bantuin kita untuk siap menghadapi SNMPTN dari jauh-jauh hari. Bukan cuma lewat program khusus persiapan SNMPTN-nya. Soalnya, untuk jaga-jaga atau antisipasi kalo akhirnya nanti UN bakal dileburkan dengan SNMPTN.Sebenarnya kan soal SNMPTN itu ada yang beririsan dengan soal UN atau ujian-ujian semester lainnya. Seharusnya ini bisa diperdalam bukan cuma pas mendekati SNMPTN, tapi dari awal Kelas X. Siswa udah dipersiapkan dan dilatih agar nantinya nggak perlu belajar dari awal lagi untuk SNMPTN.Agak susah emang ngeliat bimbel mana yang udah siap bantuin kita lulus UN dan tembus SNMPTN dari awal kita masuk bimbel. Salah satu caranya ya dengan nanya langsung program apa yang bimbel tersebut tawarin. Kita bisa liat dari cara bimbel mengolah hasil try out kita.

Bimbel yang baik biasanya punya sistem yang bisa melihat kekurangan dari siswanya diliat dari hasil try out-nya. Dari situ seharusnya udah bisa keliatan kesiapan siswanya menghadapi UN dan SNMPTN. Jadi emang bukan cuma diliat pas siswa ikut program intensif UN atau SNMPTN

Sumber : hai-online.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan : Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

No comments:

Post a Comment