Thursday, August 19, 2010

Rental Mobil Banjir Pesanan Untuk Mudik Lebaran


Lebaran masih tiga pekan lagi. Namun pengusaha jasa Rental Mobil di wilayah Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Depok sudah mulai banjir pesanan. Harga sewa pun merambat naik.

Para pengusaha rental ini jeli memanfaatkan ritual tahunan mudik alias pulang kampung menjelang Lebaran. Tidak aneh jika mereka telah bersiap menyambut rezeki tahunan jauh-jauh hari.

Syamsul Alam (46), pemilik usaha jasa sewa mobil di Bekasi mengatakan separuh dari 17 unit mobil yang dimilikinya sudah dipesan.

"Mereka pelanggan tetap tiap Lebaran pakai jasa mobil kami. Malah sudah ada yang langsung melunasinya, padahal tanggal pakainya masih lama," tuturnya saat ditemui di kantornya Jalan Bojong Asri XIV, Perumahan Taman Narogong Indah, Kota Bekasi, belum lama ini.

Usaha sewa mobil dibawah bendera CV Indra Wiratama itu sudah dirintisnya sejak 1995 lalu. Pelanggannya, selain warga sekitar tempat tinggalnya, juga tersebar di Sunter, Matraman, Tebet, hingga Tanjungpriok. "Kebetulan kami baru satu bulan terakhir buka cabang di Tanjungpriok," imbuhnya.

Ada empat jenis mobil yang disewakan, yaitu Suzuki APV Arena, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, clan Mitsubishi Kuda. Untuk Avanza dan Xenia sudah habis dipesan pelanggan, tinggal APV Arena dan Mitsubishi Kuda yang masih tersedia. "Semua kami patok ongkos sewanya sama, Rp 4,2 juta untuk paket tujuh hari. Itu kami lepas kunci," kata Syamsul.

Banyaknya pesanan Sewa Mobil juga dirasakan pengelola An Nur Rent Car. Ekky Nasution (20), salah satu pengelolanya mengatakan sebanyak 30 unit mobil Toyota Avanza sudah habis disewa. "Bahkan ada yang sudah bayar sejak sebelum bulan puasa karena harga sewanya beda," tuturnya.

Khusus jenis Avanza, kata dia, pemesanan sebelum bulan puasa, dikenai ongkos sewa Rp 3,5 juta-Rp 4 juta. Sementara pemesanan saat bulan puasa, dikenai tarif sewa Rp 4,5 juta-Rp 5 juta. "Avanza banyak yang suka karena irit dan sewanya murah. Tarif segitu untuk paket sewa sepuluh hari dan kami lepas kunci. Kalau pengemudinya dari kami, tambah lagi Rp 1,5 juta," katanya.

Selain jenis Avanza, mobil yang banyak diminati penyewa adalah Daihatsu Xenia. Dari sepuluh unit Xenia yang ada, enam di antaranya sudah dipesan dengan harga sewa antara Rp 4 juta-Rp 4,5 juta. An Nur juga menyewakan kendaraan jenis Toyota Innova (15 unit), Toyota Vios (1 unit), Toyota Rush (2 unit), dan Honda Jazz (2 unit). "Selain Avanza dan Xenia, tarif sewanya Rp 7 juta per sepuluh hari. Kurang dari sepuluh hari nggak bisa, kalau lebih dari itu malah bisa. Tinggal tambah tarif sewanya saja, Rp 400.000 per harinya," kata Ekky.

megapolitan.kompas.com

Temukan Info lainnya di juga Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

No comments:

Post a Comment