Thursday, August 19, 2010

Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan & Lebaran


Bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk melihat Peluang Bisnis musiman. Berikut peluang bisnis yang bisa jadi acuan Anda di bulan Ramadhan:

Saat adzan maghrib berkumandang, saatnya berbuka puasa. Moment ini menjadi salah satu kenikmatan tersendiri pada bulan ramadhan yang tidak ada pada bulan- bulan lainnya. Oleh karena itu, waktu berbuka puasa pun menjadi komoditas bisnis yang menarik bagi beberapa pelaku usaha. Bisnis ini dipercaya dapat mendatangkan keuntungan cepat. Bagi para pekerja yang sibuk diluar rumah tentu jajanan ini merupakan pilihan praktis.

Ada beberapa tips jika ingin melakukan usaha ini yaitu, pilih tempat yang strategis yang orang sering berlalu lalang, pasang papan yang berisi daftar menu sekaligus dengan harganya dengan tulisan yang besar agar menarik orang untuk membaca, gunakan nama-nama yang unik untuk menuliskan nama menu seperti kolak manis kembang desa, atau es kelapa muda penyejuk kalbu dll (kata-kata yang nyeleneh tersebut bisa jadi akan menarik perhatian pembeli), berusaha proaktif menawarkan jualannya kepada setiap pengguna jalan yang melintas.

Bisnis Busana Muslim dan Perlengkapan Ibadah.

Memasuki bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran, belanja baju muslim ikut meningkat. Kebiasaan untuk mengadakan acara berbuka bersama dengan teman, relasi, atau keluarga besar menjadi salah satu pendorong orang membeli baju muslim. Tentu saja umat Islam membutuhkan pakaian muslim untuk dipakai, baik itu baju koko maupun baju gamis. Selain itu, perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, kopiah, sajadah, peci dan tasbih juga banyak dicari. Bisnis busana termasuk yang paling menikmati panen raya pada bulan puasa ini.

Bisnis Parsel

Parcel lebaran tidak hanya berupa makanan/ minuman, bisa juga peralatan rumah tangga, alat sholat, buah buahan, bahkan barang elektronik. Kunci dari bisnis ini adalah mendapatkan sumber barang-brang yang akan ditata dalam parsel dengan harga murah, kreatifitas desain parsel dan tentu saja calon pembeli yang potensial.

Bisnis Kue Lebaran

Meski sifatnya musiman, namun cukup menjanjikan. Banyak yang menjalankan bisnis ini murni untuk mencari keuntungan di balik momen Idul Fitri atau hanya mencari kesibukan di bulan Ramadhan. Momen lebaran menjadi poin lebih dalam berbisnis kue entak suju, lidah kucing, nastar, kue keju, coklat dll. Pada masa-masa menjelang Lebaran, permintaan akan kue-kue Lebaran sangat tinggi. Kondisi seperti ini jarang terjadi pada hari-hari biasa.

Yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini tidak hanya pintar membuat kue dan punya peralatan saja. Tapi juga harus mampu memilih sistem pemasaran kue-kue tersebut dengan tepat, misalnya dititipkan ditoko atau supermarket dan sistem pesanan atau jual langsung. Pemilihan jenis kue pun patut menjadi perhatian. Diperlukan kejelian dalam membaca selera pasar, sehingga kue yang diproduksi bisa dijual dengan cepat dan laris di pasaran. Berbisnis kue lebaran di paruh terakhir bulan puasa selalu memberi rejeki bagi para pembuat kue.

Bisnis ukm.com

Temukan Info lainnya di juga Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

No comments:

Post a Comment