Wednesday, August 18, 2010

Kapan Waktunya si Kecil Diajak ke Dokter Mata?


Sesuai tumbuh kembangnya si kecil harus di ajak juga untuk periksa kesehatan matanya, tapi kapan si kecil perlu di ajak ke Dokter mata?

Menurut dr Florence Meilani Manurung, SpM, setiap orang tua mengetahui kesehatan matanya lebih dulu. Jika orang tua memiliki riwayat kelainan mata, misalnya, mata minus, plus, silinder, tumor mata, glaukoma, pertumbuhan iris tidak sempurna, dan lainnya, ada kemungkinan diturunkan secara genetis. Anak-anak jarang mengeluhkan kondisi penglihatannya. Karena itu, orangtua harus mewaspadai beberapa hal yang biasanya mengarah kepada masalah mata pada anak. Di antaranya sebagai berikut:

1. Bayi terlahir prematur atau berat badan lahir rendah. Bayi-bayi ini biasanya terpapar oksigen tinggi sehingga mengalami problem retina. Mintalah dokter mata untuk melakukan pemeriksaan dengan RetCam.

2. Terlihat seperti mata kucing, terutama ketika kena cahaya terang atau saat difoto. Ini salah satu gejala tumor, jangan tunda ke dokter mata karena menyangkut keselamatan anak.

3. Bola mata tidak normal sejak lahir (dari segi bentuk, ukuran, dan gangguan gerakan).

4. Setelah usia 4 bulan, bayi masih juling atau tidak ada kontak mata saat bertatapan meskipun pada jarak dekat.

5. Ada kelainan di sekitar kelopak mata, misalnya bulu mata mengarah ke dalam (epiblefaron), kelopak mata tidak terbentuk (koloboma), kelopak turun (ptosis).

6. Memiringkan kepala, memicingkan mata, mendekati obyek bila melihat sesuatu.

7. Tidak merespon ketika dipanggil, sering tersandung, atau jika sudah sekolah, nilai-nilai pelajarannya menurun.

(Sumber: eyeSight dari Jakarta Eye Center)

Temukan Info lainnya di Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

No comments:

Post a Comment