Thursday, April 22, 2010

Tips Service HP



Harga HP sekarang memang cenderung turun tapi bila HP kesayangan kita rusak suka nggak suka yang namanya hape rusak hukumnya wajib untuk dibenerin. Asalkan, jangan sampe parah banget mah bedah hape pasti masih bisa dilakukan si teknisi. Nah nih dia yang bahaya. Lho kok bahaya? Kan hapenya mau dibenerin. Bahayanya ada pada si teknisinya, karena kalau reparator umurnya masih seumur jagung dan belum punya jam terbang yang mumpuni serta skill yang pas-pasan, alamat tambah ancur aja tuh hape kesayangan (Kursus HP).

Apalagi kalau sudah menyangkut ganti spare part, ekstra hati-hati juga perlu tuh. Cuma sekedar jaga-jaga sih, bukan bermaksud berpikiran buruk lho. Masalahnya, kadang komponen hape kita juga dibajak sama teknisi ‘nakal’.

Nah, untuk menghindari aksi negatif si teknisi, sebaiknya perhatikan tips menjaga hape kesayangan tatkala sedang di service dan masuk kamar bedah reparator. Seperti:

1. Mintalah penjelasan sedetail-detailnya tentang kerusakan hape Anda. Bila ada spare part yang harus diganti, tanyakan berapa harganya sekaligus biaya bongkar pasangnya, termasuk berapa lama waktu pengerjaannya.

2. Bila sudah, jangan lupa untuk meminta garansi atas kerusakan hape Anda. Tujuannya agar si teknisi tidak bekerja serampangan dan asal jadi. Anda pun bisa menuntut uang kembali seandainya hape kembali bermasalah.

3. Oh ya, sebelum meninggalkan tempat servisa atau Kursus HP, silahkan Anda memberi ciri pada hape Anda.

4. Sama seperti dengan servis lainnya, Anda tak perlu sungkan untuk meminta spare part yang diganti kepada si teknisi, jika memang terjadi penggantian suku cadang.

5. Yang tak kalah penting, sebaiknya bidik tempat servis yang ramai dengan konsumen. Paling tidak, ini menjadikan garansi psikologis kalau toko tersebut kompeten, karena banyak dipercaya orang.

6. Terakhir, tak perlu enggan untuk mencatat segala kerusakan serta spare part yang diganti sekaligus biaya bongkar pasang dan perbaikan hape.

Tanpa maksud untuk berprasangka buruk, berikut komponen hape yang kerap kali ‘ditilep’ dan diganti teknisi hape.
1. Liquid Crystal Display ( LCD )
2. Badan Mesin. Badan mesin dapat diganti dengan jenis mesin ponsel yang mirip, tetapi kinerjanya lebih buruk ketimbang mesin ponsel Anda.
3. Konektor Charger
4. Integrated Circuit ( IC ). Mesin ponsel HP terdiri dari beberapa IC yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda.Spare part ini berbentuk kotak hitam ini cukup mahal harganya, dan kebanyakan kalo harus membeli di toko kualitasnya belum tentu sebaik yang original.
5. Speaker. Biasanya tukang servis sering mengganti speaker asli, karena speaker bawaan suaranya lebih jernih dibandingkan speaker yang ada dipasaran.

pckuonline.co.cc

No comments:

Post a Comment