Monday, April 5, 2010

Melakukan Investasi Apartemen yang Aman

Seiring dengan kondisi ekonomi yang membaik, maka semakin terlihat meningkatnya pembangunan Apartemen di kota-kota besar. Bahkan seringkali sebelum apartemen tersebut dibangun dan masih dalam tahap perencanaan atau pembangunan sebagian, maka pengembang sudah menawarkan apartemen-apartemen tersebut kepada masyarakat. Untuk itu kita perlu mengetahui tips-tips yang aman yang dapat menjadi acuan memilih apartemen sebagai investasi.

Beberapa tips aman dalam berinvestasi di
apartement, sebagai berikut :


• Periksa kelengkapan surat izin pembangunan apartemen, seperti Blok Plan, Izin Pendahuluan, IMB, sertifikat atas tanah (hak guna bangunan/HGB), dan bank yang memberi kredit untuk pembangunan apartemen, biasanya akan memberi juga KPA. Jangan sampai Imembeli apartemen dengan status kepemilikan tanah yang tidak jelas atau bukan HGB agar status kepemilikan unit apartemen yang dibeli tidak tersangkut masalah.


• Perhatikan Lokasi, seperti kedekatan dengan pusat bisnis, akses keluar masuk dari dan ke lingkungan apartemen. Pilihlah keuntungan yang banyak karena pengaruh lokasi, sehingga memberikan manfaat baik untuk usaha maupun kehidupan pribadi.


• Perhatikan pengalaman dan bonafiditas Pengembang. Jangan sampai Pengembang yang tidak berpengalaman, ataupun tidak bertanggung jawab, sehingga pembangunan apartemen terbengkalai dan berhenti, hal tersebut tentu sangat merugikan pembeli. Walaupun hanya
sewa apartement, harus memperhatikan ini.


• Perhatikan sarana dan prasarana yang tersedia. Fasilitas yang perlu diperhatikan adalah seperti super market untuk kebutuhan sehari-hari, fasilitas kesehatan jika sewaktu-waktu memerlukan tindakan kesehatan. Demikian juga fasilitas seperti olah raga dan hiburan, akan sangat membantu memberikan kesegaran dan kenyamanan bagi keluarga. Yang penting juga adalah listrik emergency yang disediakan, seperti genset apabila listrik PLN mendadak padam.


• Perhatikan juga luas ruangan, lebih baik membeli unit apartemen yang mempunyai dua atau tiga kamar, karena dengan demikian bisa digunakan jika ada keluarga yang akan menginap atau untuk acara-acara keluarga dan kebersamaan.


• Jangan lupa persiapkan dana dengan baik. Karena bisa saja isi apartemen tersebut kosong atau hanya beberapa barang atau hiasan. Untuk itu perlu diperhatikan, barang atau interior apa saja yang masih dibutuhkan. Usahakan membeli apartemen yang sudah terisi dengan lengkap atau paling tidak beberapa kebutuhan penting seperti lemari pakaian, kitchen set, kompor, AC dan lainnya tersedia, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi. Begitu juga kalau Anda melakukan
sewa apartement.


• Perhatikan juga Pengelola atau Manajemen dari
apartement. Pengelolaan ini mempengaruhi umur dari alat yang dipakai, kualitas kebersihan, keamanan, dan kenyamanan selama tinggal di apartemen tersebut.


Dengan kita memperhatikan beberapa tips tersebut di atas, paling tidak dapat meminimalisir kerugian yang terjadi. Bahkan pada akhirnya dapat memilih apartemen yang dapat menguntungkan kita, baik untuk usaha maupun kehidupan pribadi kita.


www.vibiznews.com

No comments:

Post a Comment