Tuesday, March 9, 2010

Tips Mencuci Helm Dengan Pengering


Step 1
basahi helm dengan air. Pake kran dengan air mengalir atau seember air(aer bersih ya/baru). Pas udah basah, baru memulai langkah pencucian dengan menggunakan deterjen. Bagian pinggir dan dalam helm gunakan sikat gigi.

Step 2
membilas helm sampe busa deterjen hilang.
Langkah ini memakan waktu, karena busa helm menahan deterjen didalam. Langkah ini dilakukan berulang-ulang, sampe busanya hilang sama sekali. Indikatornya adalah dengan melihat genangan air yang ada pada helm(meletakkan helm dengan bagian dalam helm menghadap keatas). Kalai genangan aer pada helm masih terdapat buih, maka lakukan bilasan kembali sampe hilang. Karena busa deterjen akan sangat gatal dikepala kalau tidak bersih membilasnya. Lakukan dengan air yang mengalir, seperti dari kran!!!

Step 3
menghilangkan bau deterjen dengan shampo setelah itu dengan
mesin pengering helm. Meskipun deterjen sudah hilang, tapi baunya masih ada. Agar baunya familiar dengan kepala kita, gunakanlah shampo kesukaan anda. Lakukan pada semua bagian dalan helm, gerus kembali menggunakan bagian dalam helm. Dan lakukan kembali kangkah pembilasan sampai buih sabunnya hilang. Hal ini juga mengantisipasi kalau ada kalau ada kotoran yang belum hilang. Ketika buihnya hilang, tetapi wangi shampoonya masih terasa.

Step 4
keringkan helm dengan
mesin pengering. Ane masih pake cara manual, yang mana menggunakan sinar matahari. Setau ane helmnya kering dalam dua hari. Jadi kalo nyucinya sabtu pagi mungkin akan kering minggu sore(kalo ikut html kagak boleh boncengan/malem mingguan, karena gak ada helm/pinjem ama temen/tetangga/ melanggar peraturan/ga usah cuci helm, biar aja kotor/pergi pake mobil), kalo nyucinya hari minggu pagi, kering senin sore, jadi kalo punya helm dua dengan kondisi anak html dan motor sbg alat transportasi utama, yang bonceng ente itu kagak pake helm hari senin. Kecuali ente punya helm 3 jadi bisa subtitusi, atau melanggar peraturan. Dua hari itu udah kering banged!!! Kalo cuma sehari dijemur, masih lembab. Jemurnya kaya naro helm dietalase, jangan dibalik kaya ditaro di jemuran baju. Karena aernya gak akan turun(tertahan oleh helm), dan lem gabus pada helm akan cepat ngelotok!!!



Http://pulsarian.or.id

No comments:

Post a Comment