Friday, November 6, 2009

Di Balik Kesuksesan Party Ulang Tahun Anak



Bingung mau membuat Pesta Ulang Tahun Anak? Coba, deh, memakai jasa party organizer. Lebih praktis, dan ditanggung acara bakal sukses.

"Yang mau ulang tahun laki-laki atau perempuan? Usianya berapa?" tanya Athya pemilik PT Warna-Warni Pesta yang lebih dikenal dengan Party Time Studio, kepada kliennya.

Pertanyaan semacam itu hampir selalu diperlukan untuk menentukan tema pesta ulang tahun anak yang akan dipilih. "Biasanya untuk anak usia 1-3 tahun orang tua yang memilihkan tema pesta ulang tahun anak. Karena usia ini anak belum bisa memilih sendiri. Sedangkan untuk anak usia 4 tahun ke atas sudah bisa diajak bicara dan memilih keinginannya sendiri," tutur Athya yang sudah sejak tahun 1993 menggeluti bisnis jasa ini.

Usai itu, baru bicara soal tempat dan acara pesta ulang tahun anak. Tentu saja pilihannya akan jatuh sesuai budget. Karena itu Athya lebih senang mendiskusikan secara kekeluargaan bersama anak maupun orang tua, agar hasilnya memuaskan.

Persiapan pesta ulang tahun anak, kendati menggunakan party organizer, layaknya dilakukan jauh-jauh hari. Dari mendaftar nama undangan, membuat kartu undangan, menyiapkan gift, tempat, makanan, acara dan sebagainya.

ANEKA LOMBA
Dekorasi pesta ulang tahun anak sangat tergantung tema dan tempat pesta. Bisa dari styrofoam dan backdrop bahan kanvas. Tentu saja dekor di ballroom berbeda dengan di garasi rumah atau di taman. Dekorasi panggung bisa dibuat macam-macam, bentuk rumah-rumahan, gua, istana sampai suasana laut. Dilengkapi dengan berbagai asesoris, seperti balon-balon, baik balon gate maupun hanging, nametag untuk yang berulang tahun, dan kursi kecil warna-warni.

Waktu pesta ulang tahun anak paling tepat umumnya dilakukan sore hari dan mengambil hari libur. Biasanya tak semua undangan datang tepat waktu. Karena itu disediakan counter games yang dijaga dua orang berkostum. Seperti permainan pancing ikan, lempar bola, main golf dan face painting (melukis atau mencoreng-coreng wajah). Jadi sambil menunggu undangan lainnya anak bisa bermain games.

Untuk kemeriahan pesta ulang tahun anak, MC akan berperan aktif melibatkan seluruh peserta pesta dengan berbagai permainan/perlombaan. Undangan biasanya dikelompokkan sesuai usia. Untuk anak usia 1-3 tahun diadakan lomba menyanyi, menunjukkan anggota tubuh, atau kontes kostum, topi dan sebagainya. "Keberanian tampil di depan umum buat anak batita menjadi hal luar biasa." Sedangkan permainan anak usia 4 tahun biasanya lomba menjawab teka-teki atau pengetahuan umum. Hal ini mendorong mereka menjadi aktif dan kreatif. Masing-masing lomba biasanya ada hadiahnya.

TARIF BISA DITAWAR
Mahal? Relatif. Tapi, tentu saja agak lebih mahal dibandingkan bila Anda menyiapkan dan menyelenggarakan sendiri. Keuntungannya, lebih praktis dan tidak repot mengurus ini-itu karena langsung beres.

Soal tarif tentu bisa "ditawar" di sana-sini. Semisal, menu bisa dipilih mau yang komplit atau hanya item tertentu saja. Sewa paket dekor berkisar 700 ribu-1 juta. Paket operet lengkap dengan sound system 2-2,5 juta.

tabloid-nakita.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment