Thursday, October 29, 2009

Mobil Honda Freed, Mobil Masa Kini Untuk Keluarga



Honda Freed bukan saja menawarkan desain triangle-square. Banyak konsep baru yang diberikan Mobil Honda terlaris di Jepang ini, diantaranya: keamanan penumpang, kelegaan dalam kabin dan tentu dipadu dengan gaya baru. “Freed, It’s New Life, Let’s Freed”.

New Honde Freed dikategorikan sebagai mobil Honda multi purpose vehicle (MPV). Model eksteriornya mengusung konsep triangle-square, bentuk depan segitiga untuk aerodinamis, sedangkan bagian belakang kotak untuk menghasilkan kabin terlega.

Model seperti itu, Honda menyebutnya: “It’s A New Style”. Mereka mengklaim model triangle square yang ***sung Freed berbeda dengan model MPV konvensional yang beredar dipasaran.

Mobil Honda Freed sudah beredar di pasar Indonesia, pasar pertama di dunia yang mengeluarkan seri ini (setelah negara asalnya Jepang) pada akhir Juni lalu. Mobil Honda Freed adalah mobil berpenumpang 7 orang, di mana bagian dalam kabinnya terbilang lega. Bangku baris kedua tidak dempet seperti kebanyakan mobil pada umumnya. Ada jarak antar bangku yang satu dengan lainnya, fungsinya untuk memudahkan perpindahan penumpang.

Pada bangku baris ketiga memiliki dua fungsi, selain sebagai tempat duduk juga bisa “disulap” sebagai bagasi dengan daya tampung kargo 672 liter. Ilustrasinya, bagasi ini muat empat tas golf berukuran besar dalam keadaan berdiri. Bukaan pintu bagasi terbilang tinggi, 1.850 milimeter.

Dalam presentasinya, Jonfis Fandy selaku Marketing dan Aftersales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Honda Freed sangat stylish dan berteknologi tinggi”.Ukuran stylish dan teknologi tinggi yang dikatakan Jonfis dapat dilihat di desain interior Mobil Honda Freed. Pertama desain dashboard. Freed menerapkan model double layer dashboard untuk menambah kelegaan dalam kabin. Tingkat pertama dashboard agak menjorok kedalam guna memberikan ruang lebar tingkat kedua yang bentuk permukaannya rata.

Tingkat kedua dapat dipakai untuk menaruh berbagai barang seperti laptop.Ukuran stylish dan teknologi tinggi kedua tereletak di sistem informasi Freed. Mobil Honda paling laris di Jepang untuk pasar Minivan 2008 (76.395 unit terjual) ini menggunakan multi information LCD. Kegunaanya untuk memantau rata-rata konsumsi BBM, jarak tempuh dan perkiraan jalan disesuaikan dengan kesediaan bahan bakar.

Mobil Honda Freed menggunakan mesin i-VTEC 1,5 liter yang menghasilkan kekuatan maksimum 87 kw (110 PS) pada 6.600 rpm. Torsi maksimumnya 146 Nm pada 4.800 rpm. Sistem transmisi Freed otomatis dengan lima percepatan.

Dari segi keamanan, Freed telah meraih rating 6 bintang dari Jepang New Car Assesment Program. Bintang enam diraih saat simulasi kecelakaan pada keadaan sebenarnya di fasilitas Honda. Ketika simulasi dilakukan, peristiwa tabrakan antar mobil (satu mobilnya Freed) tidak berdampak bahaya bagi pengemudi dan penumpang Freed. Itu berkat, salah satunya adalah adanya sistem SRS Airbag.

Harga Mobil Honda Freed di Indonesia dimulai dari Rp 237 juta hingga 257 juta (on the road). Freed tersedia dalam enam pilihan warna. “Tahun ini Freed hanya tersedia 6000 unit,” kata Jonfis. “Berarti sekarang (Juni) sampai Desember, tinggal enam bulan waktu kami menjual Freed,” Jonfis menambahkan.

astaga.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment