Thursday, October 22, 2009

Makin Nyaman Dengan Lantai Kayu (Wood Flooring)



Bagi Masyarakat Indonesia lantai kayu (Wood Flooring) bukan sesuatu yang baru bahkan menjadi identitas rumah-rumah tradisional di berbagai daerah. Mengapa? Karena kayu merupakan bahan bangunan yang umum dan banyak tersedia sehingga kayu dapat digunakan untuk semua elemen bangunan seperti lantai, dinding, konstruksi bangunan dan atap sirap.

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan juga berkurangnya ketersediaan kayu maka masyarakat beralih menggunakan bahan lain untuk bangunannya kecuali pada bagian-bagian bangunan yang belum tergantikan oleh kayu seperti konstruksi atap dan kusen karena faktor ekonomis (lebih murah dibandingkan dengan baja, aluminium atau beton).

Karakteristik kayu sebagai bahan bangunan juga menjadi alasan utama dalam pemakaian kayu antara lain mudah dibentuk, cukup kuat dan mampu menampilkan sosok yang menarik baik dari bentuk warna maupun teksturnya.

Saat ini lantai kayu (wood flooring) telah menjadi bahan yang popular untuk rumah tinggal karena selain memberikan kehangatan yang berasal dan warna aslinya, lantai kayu (wood flooring) juga memberikan efek sophisticated, mewah dan natural serta kesan lain yang dikondisikan oleh para arsitek atau desainer interior.

Kebutuhan lantai kayu (wood flooring) tidak saja untuk rumah tinggal tetapi juga meluas untuk ruang olah raga seperti hall bulu tangkis, basket, volley, fitness centre bahkan lantai dansa. Ruang untuk kegiatan usaha seperti toko atau kafe juga kerap menggunakan lantai kayu (wood flooring) untuk memberi kesan hangat dan akrab.

Kegunaan Dan Penampilan

Menggunakan Lantai Kayu (wood flooring) tentu terkait dengan fungsi dan estetika yang ingin dicapai. Biasanya dengan menggunakan kayu sebagai penutup lantai penampilan ruang cenderung rapi dan bersih. Menggunakan lantai kayu (wood flooring) di dalam rumah atau bangunan lain tidak akan membosankan karena kayu menyeimbangkan suhu ruang dan terasa nyaman di telapak kaki karena kayu memiliki serat dan pola yang halus.

Dari segi penampilan, kayu tidak kalah dengan bahan bangunan lain. Oleh sebab itulah, berbagai gaya rancangan seperti gaya kontemporer modern, etnik atau klasik sangat cocok menggunakan lantai kayu (wood flooring) karena fungsi dan penampilannya sangat fleksibel.

123rumah.wordpress.com

No comments:

Post a Comment