Thursday, October 15, 2009

Cara Merawat Furniture Antik Kayu



Kayu dan rotan sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan dasar mebel. Selain kuat mebel yang terbuat dari kayu atau rotan terlihat lebih anggun dibandingkan bahan lain. Pemilihan bahan, kontruksi, desain dan finishing yang baik membuat mebel kayu dan rotan tak jarang memiliki kelas sendiri dan bergengsi. Pengaruh perubahan cuaca seringkali mengakibatkan aura Furniture Antik menurun.

Ada
banyak cara untuk mempertahankan auranya tetap baik. Salah satunya adalah pola perawatan yang baik dan benar. Berikut beberapa langkah dalam merawat
Furniture Antik dari jati dan rotan.

1.Hisap atau Tiup
Untuk menyingkirkan debu pakailah kuas, vacum cleaner atau kompresor kecil. Hindari penggunaan lap. Penggunaan lap seringkali mengakibatkan goresan pada permukaan furniture antik. Lakukan pembersihan debu secara berkala pada furniture antik anda.

2. Beli lapisan wax.Setelah semua debu tersingkirkan semprotkan lapisan wax atau cairan perawat furniture antik. Wax atau cairan pelapis furniture bisa dibeli di toko bangunan,cat atau supermarket. Ada banyak merek yang ditawarkan. Ratakan cairan yang telah disemprotkan dengan kain (lebih baik memakain kain katun/kaos) kering.

3. Lihat Hasil
Tunggu beberapa menit. Setelah itu lap dengan kain katun kering lainnya. Anda akan melihat sendiri hasilnya. Furniture antik tampak bersih dan bersinar. Lapisan wax akan melindungi permukaan mebel dari debu dn goresan langsung.

4. Rutin Tiap Minggu
Agar tampilan mebel atau furniture antik anda selalu menarik lakukan perawatan seminggu sekali.

jongjava.com

No comments:

Post a Comment