Thursday, October 8, 2009

Baby Sitter




Pengasuh anak (baby
sitter) mempunyai arti yang sangat penting. Memilih seorang pengasuh menjadi salah satu keputusan penting di dalam keluarga karena pengasuh tersebut akan menggantikan diri anda dalam memberikan segala stimulasi yang diperlukan oleh anak anda untuk dapat berkembang seperti yang anda inginkan. Namun ternyata sangat tidak mudah untuk mendapatkan pengsuh yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini tips dalam mencari dan memperoleh pengasuh anak:

1. Pilih pengasuh anak, dari lembaga atau
yayasan baby sitter yang melakukan pelatihan kepada calon pengasuh anak. Lebih baik kalau pengelolanya dokter atau perawat.

2. Cari tahu informasi tentang latar belakang baby sitter, seperti keadaan keluarganya, tingkat pendidikannya (untuk pengetahuan dan level cara anda bicara kepadanya dari
yayasan baby sitter), pengalaman sebagai baby sitter (alasan menjadi baby sitter, berapa lama usia anak yang diasuh, berapa kali pindah keluarga/majikan/penyalur baby sitter, alasan pindah dan lainnya)

3. Kalau memungkinkan, cari tahu juga kesan terhadap keluarga sebelumnya untuk mengetahui sifatnya (misalnya jika hanya membicarakan hal-hal yang negatif, hal ini menunjukan kepribadiannya yang kurang baik)

4. Pilih pengasuh anak yang memiliki sifat penyayang, kemampuan mengasuh (termasuk pengetahuan tentang kebutuhan anak) dan kemampuan memberikan pertolongan pertama.

5. Kemampuannya menstimulasi anak juga penting. Karena stimulasi juga penting bagi perkembangan anak.

6. Lakukan pemeriksaan kesehatan ulang terhadap baby sitter untuk mencegah adanya penyakit menular sebaiknya cari keterangan kesehatan dari
penyalur baby sitter.

7. Lakukan pemeriksaan mendadak pada jam kerja, untuk mengetahui cara kerja
baby sitter pembantu.

8. Sebaiknya
baby sitter pembantu mengasuh anak hanya jika anda sedang bekerja di luar rumah. Lebih baik anda yang mengasuh anak jika anda berada di rumah




http://tipsanda.com

No comments:

Post a Comment