Friday, September 4, 2009

Membuat Rumah Modern Minimalis



Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat rumah kita aman bagi anak-anak.

1. Amankan dari listrik
Banyak sekali kasus anak-anak yang terluka atau bahkan meninggal karena tersengat listrik. Oleh sebab itu jika memungkinkan gunakan stop kontak listrik yang bertutup. Alternatif lainnya, anda juga dapat menutup stop kontak yang tidak digunakan dengan bahan karton, mintalah kontraktor bangunan membuat yang aman. Bagi yang menggunakan perpanjangan kabel, sebaiknya posisi sambungan kabel-kabel diletakkandi kontraktor bangunan rumah) di bagian yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak. Misalnya dibagian belakang lemari.

2. Amankan dari panas dan api
Sebisa mungkin jauhkan anak-anak dari area dapur yang sedang di bangun oleh kontraktor bangunan. Jika anda memiliki bayi dan harus meninggalkannya untuk memasak, letakkan anak di kursi bayi dengan posisi yang mudah dilihat. Bila anak anda berusia 2-5 tahun, berikan mainan yang menenangkan seperti krayon dan kertas untuk menggambar. Dengan demikian anda memiliki waktu 15-30 menit untuk memasak.

3. Keamanan di kamar mandi.
Saat anak-anak mandi, usahakan agar pintu selalu terbuka dan kontraktor bangunan rumah harus aman. Beberapa anak senang bermain dengan kunci yang menyebabkan mereka terkunci di kamar mandi. Bila anak anda berendam di bak maupun di ember, jangan mengisi air terlalu penuh. Banyak kasus anak-anak tenggelam saat mandi. Untuk anak-anak dibawah 3 thn, selalu sertai mereka didalam kamar mandi.

4. Usahakan agar pintu rumah selalu tertutup saat siang hari, mengingat anak-anak dengan sangat mudah berlari keluar sendiri.

5. Jika anda menggunakan teralis jendela(carilah bantuan dari
jasa kontraktor bangunan), usahakan agar ada satu jendela yang dapat dibuka dan ditutup. Sehingga bila terjadi kebakaran, seluruh keluarga tahu harus keluar dari jendela tersebut.

6. Jika memungkinkan gunakan alat-alat pengaman pada pintu, jendela, serta lemari agar anak-anak tidak terjepit saat membuka dan menutupnya.

7. Jauhkan semua hiasan gantungan dari jangkauan anak-anak, hubungilah
jasa kontraktor bangunan. Terutama, jangan meletakkan hiasan gantungan diatas tempat tidur bayi dimana anak-anak akan berusaha menjangkaunya. Ini juga berlaku dengan barang-barang di lemari. Jangan biarkan ada benda-benda tergantung yang dapat menarik perhatian anak-anak

Dukung kampanye
stop dreaming start action sekarang


http://benerinrumah.wordpress.com

No comments:

Post a Comment