Thursday, May 14, 2009

Wisata Arung Jeram

Untuk para pengarung jeram pemula, sungai Cisadane merupakan pilihan yang tepat untuk berarung jeram. Letaknya tak jauh dari kota Bogor. Aliran air berasal dari dari kawasan hutan-hutan di Gunung Salak.

Panjang sungai yang asyik dan biasa diarungi wisata arung jeram adalah sepanjang 9 km dengan tingkat kesulitan sungai II+ – III. Waktu tempuh sekitar 2 jam. Titik awal arung jeram dimulai dari jembatan Ciampea dan berakhir di kampung Pasir Karikil, sekitar satu jam pengarungan dari titik pertemuan sungai Cianten – Cisadane.

Diawal (30 menit pertama) wisata arung jeram kita akan disapa streiner berupa bambu yang menghalangi sungai. Tepat sesaat sebelum pertemuan sungai Cisadane – Cianten terdapat situs purbakala jaman kerajaan Tarumanegara. Disitu terdapat batu besar dengan tulisan kuno yang sampai saat ini masih belum diketahui maknanya (masih belum direlokasi). Diujung hilir sungai rafting adventure Cianten juga terdapat batu bertumpuk seperi punden berundak sebagai penanda lokasi ditemukannya prasati. Saat ini prasasti tersebut sudah direlokasi.

Setelah pertemuan Kedua sungai akan ditemui 2 buah rafting adventure yang “lumayan menghibur”. Yang pertama Jeram Naga (ada batu besar mirip kepala naga disekitar jeram) yang merupakan jeram drop and fall yang tercipta dari 2 buah gate dari batu besar. Arus utamanya akan menghantam kearah dinding disebelah kiri sungai. Jika tim tidak kuat untuk membawa prahu kekanan, maka perahu akan terbawa menuju eddie dibelakang kiri arung jeram Bandung tersebut. Jadi tim bisa beristirahat dulu untuk selanjutnya melawan arus kuat yang datang dari sebelah kanan.

Setelah melewati jeram naga, kita akan melewati jeram “manis”, yang merupakan kompleks standing wave kecil yang cukup membuat kita merasakan debur sungai arung jeram Bandung.

http://galaspala.wordpress.com/

Temukan berbagai informasi lainnya mengenai Arung JeramRafting AdventureWisata Arung JeramArung Jeram BandungWisata BaliWisata BandungWisata BogorWisata JakartaWisata YogyakartaWisata MalangWisata LombokWisata SemarangWisata Surabaya hanya di Arung Jeram & Rafting Adventure: Wisata Arung Jeram & Arung Jeram Bandung 88db.com

No comments:

Post a Comment