Thursday, May 14, 2009

Teman Bermain Manusia

Kesepian barangkali hanya salah satu alasan kenapa orang gemar memelihara pet, seperti anjing, kucing, atau jenis hewan peliharaan lainnya. Selain itu, banyak orang memelihara pets untuk sekadar hobi, koleksi, atau mencari teman bermain. Untuk mendapatkan pet berkualitas sekaligus legal, orang cenderung memilih pergi ke pet centre.

SETIAP akhir pekan hampir semua pet centre shop di Jakarta ramai dikunjungi orang. Salah satu tempat yang selalu ramai adalah Pet Shop Center di Mega Mal Pluit, Jakarta Utara. Di tempat tersebut ada enam pet centre store dengan beragam pets yang ditawarkan. Di Blok M Plaza juga ada satu pet store yang banyak dikunjungi orang. Selain di mal, banyak pets shop yang dibuka di dekat kawasan perumahan, seperti Kelapa Dua Petshop di Jalan Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Bermacam hewan peliharaan ditawarkan pet shop, mulai dari anak anjing, kucing, ikan, kura-kura, burung, hamster, hingga ular, bahkan iguana. Pengunjung tinggal memilih jenis hewan apa yang cocok sebagai hewan peliharaan. Meski demikian, sebagian besar pet centre di Jakarta lebih banyak menjual hewan peliharaan berupa anjing ras dan kucing ras. Sementara hewan peliharaan lain, seperti kura-kura, ular, hamster (sejenis tikus), atau kelinci, hanya merupakan tambahan. "Anak anjing paling banyak dicari orang," kata Evi, pemilik Species Pet Shop di Mega Mal Pluit.

Anak anjing serta kucing memang menjadi komoditas utama yang dijual oleh pet centre shop. Hampir di setiap pet centre store selalu tersedia anak anjing atau biasa disebut puppies. Puppies dari berbagai ras seperti golden retriever, chow chow, shih tzu, pom-pom, terrier, poodle, hingga anakan anjing herder masih laris dicari orang.

Untuk harga, terutama anjing dan kucing, sangatlah bervariasi. Tergantung dari jenis, umur, dan grade (tingkatan). Harga anak anjing golden retriever yang berumur kira-kira satu bulan bisa mencapai Rp 2 juta. Demikian juga dengan kucing, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Adapun harga kelinci belanda berumur dua minggu, di Mal Pluit bisa mencapai Rp 300.000.

Kalau ingin hewan peliharaan "kelas kampung", penggemar bisa "berbelanja" di Pasar Pramuka, Jakarta Pusat. Di tempat tersebut dijual aneka macam satwa, mulai dari yang langka hingga ke jenis "pasaran". Namun, untuk mencari hewan langka, anjing ras dan kucing ras, sebagian orang masih tetap memilih pet store meskipun harganya mahal. "Yang penting ada surat-suratnya daripada ditangkap polisi (karena dianggap memelihara hewan langka secara ilegal)," kata Ivan, warga Petamburan. Beberapa kali Pasar Pramuka memang menjadi sasaran razia hewan langka.

Selain sudah pasti legal, dari segi keturunan, hewan dari pets shop bisa dipastikan lebih murni daripada membeli di pinggir jalan. Selain itu, kesehatan hewan peliharaan pet shop juga lebih terjamin. Banyak pet shop melarang pengunjung memegang mulut hewan karena takut tertular penyakit dari hewan lain yang sudah disentuh sebelumnya. (LUSIANA INDRIASARI)

http://64.203.71.11/kesehatan/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Pet Centre ~ Pet Centre Shop ~ Pet Centre Store ~ Pet Store ~ Pets Shop ~ Pet Shop ~ Pet ~ Pets dan Pet Centre : Pet Centre Shop – Pet Centre Store At Nur Pets Shop di 88db.com

No comments:

Post a Comment