Monday, May 18, 2009

Sekilas Dunia Batik Solo dan Batik Yogyakarta

Menjadi menyebar terutama di Pulau Jawa, sekitar 17th, 18th, 19. Abad. Untuk pertama kalinya, ia baru saja menjabat sebagai hobi untuk puri keluarga. Selanjutnya, ia digunakan sebagai komoditi perdagangan di masyarakat. Batik Solo yang terkenal dengan desain dan pola tradisional terutama untuk kedua cap dan handwritten proses. Untuk pewarna, bahan yang digunakan adalah masih tetap menggunakan produk dalam negeri seperti soga Jawa - ia telah dikenal sejak lama saat-pola yang digunakan adalah "Sidomukti dan Sidoluruh".

Mengenai asal produksi
batik di Yogyakarta, telah dikenal sejak Pertama Kerajaan Mataram, yang diperintah oleh Panembahan Senopati. Mantan telah dilaksanakan di desa Plered - hanya untuk puri keluarga yang kedua, ia menyebar ke pengadilan pelayan dan pasukan. Pada upacara resmi, anggota keluarga istana yang memakai pakaian dalam kombinasi antara batik dan lurik. Dengan demikian, orang-orang tertarik pada apa yang dikenakan dan mereka kemudian ditiru mereka. Ini sebabnya batik menjadi turun ke bumi.

Perang terjadi antara kedua kerajaan dan kolonial Belanda di masa lalu, menyebabkan puri keluarga berlindung dan tinggal di daerah baru seperti Banyumas, Pekalongan, Timur Ponorogo, Tulungagung dll dan mereka diajarkan batik ke banyak orang. Akibatnya, batik dikenal di daerah ini, pada awal abad 18.

The Fight of Diponegoro melawan Belanda telah memaksa dia dan keluarganya untuk meninggalkan istana. Mereka kemudian menyebar ke Timur dan Barat. Di wilayah ini, mereka disajikan batik. Di wilayah Timur,
batik Solo dan Yogyakarta telah menyempurnakan desain batik Mojokerto dan Tulungagung. Selain itu, juga tersebar di Gresik, Surabaya dan Madura. Sementara itu, di wilayah Barat, batik dikenal di Banyumas, Pekalongan, Tegal dan Cirebon.

http://article.linggageni.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Batik Solo | Grosir Batik | Grosir Batik Solo | Baju Batik Solo | Baju Batik Murah | Pasar Klewer | Batik Murah | Batik hanya di Batik Solo : Grosir Batik Solo & Baju Batik Solo Murah Pasar Klewer Jawa Tengah pada 88db.com

No comments:

Post a Comment