Tuesday, May 26, 2009

Program Praktisi HRD

PENILAIAN KEBUTUHAN
Praktisi HRD harus pandai mendesain dan melakukan penilaian kebutuhan sebelum mendesain dan mengembangkan program pembelajaran dan aktivitas pelatihan sdm. Alasannya adalah : (1) untuk mengidentifikasi bidang permasalahan tertentu dalam organisasi; (2) untuk mengidentifikasi kekurangan pembelajaran gunda dijadikan sebagai dasar program dan aktivitas; (3) untuk menentukan dasar dari evaluasi learner di masa yang akan datang; dan (4) untuk menentukan cost dan benefit dari program dan aktivitas untuk memperoleh dukungan dari organisasi.

DESAIN, PENGEMBANGAN, DAN EVALUASI PROGRAM
Inti dari program pembelajaran dan aktivitas pelatihan kerja adalah desain pelatihan etos kerja, yaitu blueprint yang membentuk seluruh pembelajaran spiritual eft dalam organisasi. Tanpa program etos kerja yang didesain dengan semestinya, maka pembelajaran spiritual enrichment tidak akan konsisten dan tidak akan memperlihatkan hasil yang diinginkan. Praktisi HRD mesti memiliki kemampuan mengembangkan program kerja sdm dan aktivitas pembelajaran quantum touch yang efektif serta mampu mengevaluasi hasil spiritual eft secara akurat.

PEMASARAN PROGRAM HRD
Para pengelola program pengembangan SDM mestinya juga memiliki kemampuan untuk memasarkan program-program pelatihan sdm kepada top manajemen dan juga direktur keuangan. Ia harus mampu membranding dan mengkomunikasikan benefit dan potensi finansial return yang dapat diraih dari segenap program pengembangan SDM. Tanpa kemampuan melakukan “pemasaran” yang solid, acapkali program-program etos kerja yang direncanakan tidak akan disetujui oleh pihak top manajemen dan pemegang anggaran perusahaan.

ANALISIS COST BENEFIT ANALYSIS
Show me the money, begitu sebuah slogan pernah berujar. Para CEO dan pengendali keuangan perusahaan juga selalu akan berkata seperti itu, jika mereka melihat program pengembangan pelatihan kerja dan pelatihan etos kerja hanya sekedar program kerja sdm tanpa makna yang hanya mengambur-hamburkan uang. Disini para pengelola SDM mesti mampu menunjukkan analisa kuantitatif spiritual enrichment dan analisa ROI dari segenap program pengembangan quantum touch yang dilakukan. Berapa return on investment yang dapat diraih dari berbagai program pelatihan yang direncanakan?

http://rajapresentasi.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Spiritual EFT | Pelatihan SDM | Etos Kerja | Pelatihan Kerja | Pelatihan Etos Kerja | Kerja SDM | Spiritual Enrichment | Quantum Touch dan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) Spiritual Enrichment by LoGOS Institute di 88db.com

No comments:

Post a Comment