Monday, May 18, 2009

Pilihan Bangunan Modern

Tren pembangunan dan kepemilikan bangunan rumah tidak ubahnya seperti yang terjadi pada pakaian, sepatu, atau telepon genggam. Pemilikan rumah modern telah menjadi gaya hidup ketimbang sekadar berfungsi utama sebagai desain bangunan rumah tinggal. Akan tetapi, meski tren terus berputar, penentuan pola bangunan modern juga tidak lepas dari kebutuhan masyarakat. Di tengah masyarakat yang ingin serba sederhana dan praktis, gaya desain bangunan rumah minimalis menjadi pilihan utama.

Bangunan modern ini sendiri aslinya cenderung berbentuk balok dengan tembok desain rumah persegi di semua sisi. Meski ada desain bangunan tambahan, biasanya dibuat dengan pola rumah modern yang sama dengan ukuran lebih kecil. Biasanya desain bangunan rumah tambahan diletakkan di atas atau samping bangunan rumah utama. Nyaris tidak ada lekukan atau bentuk lain dalam penampilan desain modern.

Yang paling membedakan dengan rumah gaya mediteran desain modern atau bentuk lain adalah interior di dalamnya yang dibuat berdasarkan kebutuhan. Interior dibuat dengan menonjolkan bentuk asli tanpa harus menambah aksesori tambahan. Bahkan tiang penyangga desain rumah modern pun ditonjolkan sebagai hiasan dengan cat berwarna logam.

Pengajar pada Program Studi Desain Interior Departemen Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung, Gregorius Prasetyo Adhitama, melihat, meski terkenal dengan sebutan desain rumah modern minimalis, bukan berarti desain rumah modern dibangun dengan dana minimal atau di atas lahan terbatas. Namun, itu lebih difokuskan pada bentuk rumah yang dibangun sesuai dengan kebutuhan si pemilik. Pembangunannya pun tidak lantas hanya menjadi milik masyarakat ekonomi menengah ke bawah, tapi berubah menjadi pilihan utama bagi semua tingkat ekonomi. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah modern minimalis jauh lebih besar daripada rumah jenis lain. Jadi, menurut Prasetyo, baik di Bandung atau di daerah lain keterbatasan lahan akibat semakin sempitnya ruang tidak bisa langsung diambil benang merah dengan timbulnya tren ini. Selera dan kebutuhan untuk mendapatkan kemudahan menjadi pendorong utamanya.

http://www.arsitek-interior.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Desain Modern | Bangunan Modern | Desain Bangunan | Desain Bangunan Rumah | Bangunan Rumah | Rumah Modern | Desain Rumah | Desain Rumah Modern dan Desain Modern&Bangunan Modern: Desain Bangunan & Desain Bangunan Rumah Surabaya Jawa Timur di 88db.com

No comments:

Post a Comment