Wednesday, May 20, 2009

Periksa Genset Sebelum Dinyalakan

Cara menyalakan genset saat pertama kali digunakan :
* Untuk genset 4-tak dari penjual genset pastikan bensin menggunakan bensin murni/premium, dan dalam keadaan bersih/tidak kotor. Isi tangki genset China hingga penuh atau secukupnya, jangan terlalu sedikit. Untuk genset generator 2-tak, pastikan bensin adalah bensin campur oli dengan perandingan 50 : 1 atau sesuai petunjuk mesin generatordari penjual generator.

* Pastikan Oli sudah terisi penuh (Menggunakan oli tipe SAE 20-40 merek apapun). Gunakan oli baru, jangan oli bekas pakai. Genset 2-tak dari penjual genset tidak menggunakan oli mesin ini.

* Jangan beri beban genset China untuk penghidupan pertama.

* Choke genset generator sebelum dinyalakan. Posisi choke generator berada dekat dengan karburator, biasa dengan logo segitiga. Posisi choke jika tuas berada di puncak logo segitiga.

* Tarik gagang Recoil dengan baik (jangan disentak untuk menghidari kerusakan pada tali starter). Tarik perlahan, setelah sedikit berat baru tarik dengan kencang. Untuk menghidupkan pertama kali, biasa memakan 3-4 kali tarikan sebelum generator set dari penjual generator menyala.

* Matikan choke setelah genset menyala.

* Biarkan beberapa saat (5 menit pertama), dan genset dapat diberi beban. Jangan beri beban berat untuk pertama kali. Sebaiknya beban bertahap, 500 Watt, 1000 Watt, 2000 Watt dan seterusnya.

* Genset dapat dihubungkan ke salah satu stop kontak di jaringan listrik. PASTIKAN MCB PLN diturunkan/dalam posisi Off. Hal ini SANGAT PENTING untuk menghindari kerusakan genset akibat arus balik PLN saat listrik PLN hidup.

Setelah pemakaian maksimal, istirahatkan genset sampai kondisi mesin dingin, untuk memperpanjang umur genset. Apabila kelebihan beban, maka switch akan off/mati dan tidak boleh langsung di kembalikan ke posisi On/hidup. Harus menunggu sampai beberapa saat agar mesin dingin.

http://cv.indoteknik.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Jual Genset ~ Genset China ~ Genset Generator ~ Jual Generator ~ Generator ~ Genset dan Jual Genset : Jual Genset China – Jual Genset Generator Jakarta di 88db.com

No comments:

Post a Comment