Tuesday, May 19, 2009

Menghitung Berat Ideal

Saat ini alat timbang Berat Badan banyak sekali jenisnya, dan banyak digunakan orang. Tapi barangkali banyak juga orang yang tak tahu apakah berat tubuhnya sudah ideal atau belum/. Kaum wanita malah kerap meminta pendapat teman tentang Berat Badan Ideal

Sebetulnya bagaimana cara menghitung Berat Badan Ideal?

Dalam dunia kesehatan dikenal penghitungan dengan metode Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI). Satuan IMT inilah yang kemudian menjadi pengukur ideal atau tidaknya Berat Badan seseorang. Lihat Berat Ideal dan Penambah Berat Badan.

Rumus menentukan IMT :

berat badan
----------------------------------- = IMT
tinggi badan X tinggi badan (m)

Kategori IMT

1. IMT < 17,0: keadaan orang tersebut disebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat berat atau Kurang Energi Kronis (KEK) berat.

2. IMT 17,0 – 18,4: keadaan orang tersebut disebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat ringan atau KEK ringan.

3. IMT 18,5 – 25,0 : keadaan orang tersebut termasuk kategori normal.

4. IMT 25,1 – 27,0 : keadaan orang tersebut disebut gemuk dengan kelebihan berat badan tingkat ringan.

5. IMT > 27,0 : keadaan orang tersebut disebut gemuk dengan kelebihan berat badan tingkat berat

Contoh :

Eko dengan tinggi badan 148 cm, mempunyai berat badan 38 kg.

38
-------------------- = 17,3
(1,48 X 1,48) m

Status gizi Eko adalah kurus tingkat ringan. Eko dianjurkan menaikkan berat badan (Penambah Berat Badan) sampai menjadi normal antara 41- 54 kg dengan IMT 18,5 – 25,0.

Lingkar Pinggang

Selain dengan IMT, ada juga cara lain yakni menghitung lingkar pinggang. Normalnya, ukuran lingkar pinggang wanita tak boleh lebih dari 80 cm, sedangkan pria tak melebihi 90 cm. lihat Penambah Berat dan Penurun Berat Badan.

Menghitung Konvensional

Ada juga cara menghitung konvensional yang biasanya diterpkan guru-guru olahraga sewaktu kita kecil, yakni tinggi badan dikurangi 110. Misal tinggi badan Tono 160, maka berat badan Tono ideal adalah 160-110=50 Kg. Tapi ini katanya hitungan ini, tidak akurat (Penambah Berat Badan).

Menghitung otomatis

Sekarang ada beberapa alamat web yang menyediakan BMI meter otomatis, Anda tinggal masukan berat dan tinggi badan, lalu klik hasilnya langsung Anda dapatkan. Salah satunya di web ini http://www.cdc.gov/healthyweight/com.

Sumber: kabarinews.com

Temukan informasi lainnya hanya di Berat Badan Ideal ~ Penambah Berat Badan ~ Penurun Berat Badan ~ Berat Badan ~ Berat Ideal ~ Badan Ideal ~ Penambah Berat ~ Penurun Berat dan Berat Badan Ideal : Penambah Berat Badan & Penurun Berat Badan Jakarta hanya di 88db.com

No comments:

Post a Comment