Wednesday, May 27, 2009

Kerajinan Miniatur Untuk Melestarikan Kebudayaan

Apa itu ”museum miniatur kebudayaan”? Rupanya, sebagian ruangan di rumah tersebut difungsikan untuk memajang miniatur berbagai alat musik dan permainan tradisional Sunda.

Pemakaian kata museum "agak dipaksakan". Sebab, dari segi penampilan, masih jauh dari layak untuk museum. Bahkan, akses jalan menuju tempat ini juga kurang mendukung. Tapi crafts metal, craft iron maupun miniature craft lainnya sangat penting.

Namun, ada yang sengaja menulis ”museum” karena merasa prihatin pada kondisi kebudayaan tradisional Sunda yang makin tergerus dan jauh dari perhatian orang. Ia berharap kata ”museum” bisa menarik perhatian lebih banyak orang untuk peduli kepada kebudayaan Sunda.

Pengunjung bisa melihat berbagai bentuk miniature crafts dari benda yang bisa mengingatkan orang pada kebudayaan Sunda. Di sini dipajang antara lain berbagai bentuk alat musik tradisional Sunda, seperti angklung, calung, dan gamelan. Adapun koleksi miniatur permainan tradisional Sunda yang bisa dilihat antara lain kolecer (kincir angin), bandring (katapel), dan totoroktokan. Belakangan ini sebagian besar alat permainan anak-anak itu sudah jarang terdengar, apalagi digunakan.

Selain miniature craft alat musik tradisional Sunda dan permainan khasnya, pengunjung juga bisa menikmati miniatur rumah tradisional Sunda. Tak hanya bentuk rumahnya, tetapi juga berbagai alat memasak tradisional seperti hawu (tungku).

Bahkan, untuk membuat orang bisa membayangkan apa saja yang ”berbau” tradisional Sunda, museum dilengkapi dengan miniatur berbagai makanan khas Sunda, semisal aliagrem (penganan terbuat dari tepung beras dan gula merah yang digoreng).

Semua miniature crafts yang dipajang di Museum Miniatur Kebudayaan ini dilengkapi keterangan singkat mengenai sejarah dan kegunaan masing-masing.

http://oase.kompas.com

Temukan informasi lainnya mengenai Miniature Crafts - Miniature Craft - Miniatures Crafts - Miniatures Craft - Crafts Metal - Craft Metal - Craft Iron - Crafts Iron - Miniature Craft Supplies hanya di Miniature Crafts : Miniatures Craft & Crafts Metal - Miniature Craft Supplies & Iron Jogjakarta pada 88db.com

No comments:

Post a Comment