Friday, May 22, 2009

Kaca Gedung dan Mengganggu lingkungan


Itu sisi positif penggunaan Kaca Film & Kaca Film Gedung pada bangunan. Tapi siapa bilang  Kaca Film & Kaca Film Gedung tidak mengganggu lingkungan dan menyakitkan mata?
Gedung dibungkus Kaca Interior & Kaca Bangunan sudah tentu memantulkan cahaya matahari tropis yang menyengat. Simak saja berbagai gedung tinggi di  sepanjang jalan protokol ibukota. Orang yang melintas di muka gedung segera tertampar silau.
Semakin tinggi tingkat refleksi kaca semakin besar gangguan silaunya. Pemda DKI sudah mensyaratkan penggunaan kaca pada eksterior bangunan maksimal berdaya pantul 24%. Angka persentasi itu dianggap cukup layak untuk tidak mengganggu lingkungan.
Kaca gedung dengan daya pantul lebih dari 24% digolongkan mengganggu lingkungan karena menyilaukan mata. Sedangkan kurang dari 24% dianggap terlalu gelap.
Menurut Danisworo, ada beberapa kriteria penilaian bangunan kaca pada TPAK. Pertama, tidak boleh menimbulkan dampak yang bersifat mempengaruhi iklim mikro sehingga tidak aman dan nyaman 
bagi manusia.
Misalnya, membuat daerah sekitar menjadi lebih panas karena radiasi Kaca. Atau Kaca menimbulkan silau yang membahayakan pengemudi mobil. 
Kedua, perletakan bangunan Kaca Gedung & Desain Kaca tidak boleh menggangu lingkungan sekitarnya. "Kalau perletakan gedung cukup jauh dari jalan, masih boleh lah, meskipun dari sudut-sudut tertentu jangan sampai memantulkan sinar ke kendaraan," paparnya. 
Ketiga, harus menggunakan Kaca Gedung & Desain Kaca yang tingkat refleksinya rendah, maksimal 24%. Kalau ingin memakai yang lebih tinggi, maka jarak bangunan harus cukup jauh dari jalan agar tidak menimbulkan kesan refleksi Kaca Interior & Kaca Bangunan yang tinggi sekali.
Keempat, perbandingan penggunaan bidang Model Kaca dan nonkaca pada eksterior bangunan sekitar 40% dan 60%, untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkannya.
Artinya, pada kulit bangunan tidak boleh Model Kaca transparan seluruhnya, melainkan harus ada bagian yang opak [tidak tembus pandang] yang bisa saja diisi bahan lain seperti aluminium, beton, parapet atau spandrel lainnya.
Temukan informasi lainnya hanya di Kaca Film - Kaca Film Gedung - Model Kaca- Kaca Gedung - Desain Kaca - Kaca Interior - Kaca Bangunan -Kaca dan Kaca Film Gedung-Model Kaca Film: Desain Kaca Film Interior Gedung & Bangunan hanya di 88db.com



http://adhisthana.tripod.com

No comments:

Post a Comment