Friday, May 22, 2009

Hidangan Ayam Bakar yang Enak

Menyantap Masakan ayam bakar dengan tangan memang sangat nikmat. Apalagi dicocol sambal yang sedap plus lalapan dan nasi hangat, rasanya tambah nikmat. Serpihan bumbu plus harum wangi ayam akan membuat santapan makin enak. Nah, jika ingin menyantap Masakan Ayam Bakar komplet siang ini, berikut infonya!

Sebutan Ayam Bakar ditujukan pada teknik memasak ayam dengan dibakar. Dibakar berarti dimatangkan di atas bara api secara langsug. Jenis bara api inilah yang ikut berperan dalam cita rasa Masakan Ayam. Api arang atau api batok kelapa atau api dari sabut atau ranting. Aroma asap yang dihasilkan turut meperlezat daging ayam yang dibakar. Lihat juga Ayam Bakar Kecap & Ayam Kecap.

Jenis ayam yang dipilih juga mementukan kelezatan Ayam Bakar. Ayam kampung yang mungil sedikit berlemak, ayam jantan atau ayam negeri yang lebih tebal dan berlemak dagingnya. Tentu saja daging ayam yang berlemak akan membuat rasa Masakan Ayam Bakar lebih gurih dan lembap.

Bumbu dan teknik mengolah juga turut berperan. Umumnya sebelum dibakar ayam dimasak dahulu dengan bumbu, bumbu bawang atau bumbu kuning. Ayam bakar Taliwang memiliki racikan bumbu yang lebih pedas. Setelah bumbu meresap dan daging ayam empuk barulah dilakukan finishing dengan membakar bagian luar ayam hingga kering. Kadang dioleskan bumbu lagi saat membakar sehingga rasa Masakan Ayamnya lebih enak.

Jodoh yang paling pas buat Masakan ayam bakar adalah nasi pulen yang hangat, lalapan segar (timun, kol, kemangi) dan sambal dadak, sambal tomat atau sambal goreng. Paling pas jika dimakan dengan tangan sehingga selipan daging dan bumbunya bisa dinikmati. Hmm..sedap!

Sumber: food.detik.com

Temukan informasi lainnya mengenai Ayam Bakar - Ayam Bakar Kecap - Ayam Kecap - Masakan Ayam Bakar - Masakan Ayam - Masakan hanya di Ayam Bakar: Ayam Bakar Kecap & Masakan Ayam Bakar Purbalingga Jawa Tengah pada 88db.com

No comments:

Post a Comment