Wednesday, May 20, 2009

GPS Navigation System

Technology Global Positioning System (GPS) tumbuh pesat merambah berbagai bidang aplikasi. Masyarakatpun telah banyak mengerti dan menggunakan GPS untuk berbagai keperluan dari navigasi sampai dengan pelacakan (Equipment Survey). Nah, barangkali ada yang belum paham tentang technology GPS dan yang lagi berkembang saat ini yaitu GPS tracking device, berikut saya ulas sedikit mengenai hal tersebut.

GPS merupakan system navigasi satelit Amerika yang pada awalnya digunakan untuk keperluan militer. Namun kemudian technology ini menjadi dual syatem dimana melayani juga kepentingan public (GPS Survey Equipment). Meskipun begitu, menurut peraturan pemerintah Amerika, penggunaan maupun tingkat akurasi dari sinyal GPS yang dipakai umum yang disebut Course Acquisition code (C/A code) dibatasi. Namun semenjak tahun 2000, policy ini di hapuskan dan hal tersebut membuat akurasi dari sinyal GPS yang untuk masyarakat meningkat hampir menyamai Precise code (P-code) milik militer. Selain itu sejak 2005, Amerika juga melaksanakan program modernisasi GPS (GPS Equipment). Kedua hal tersebut merupakan pemicu bagi pertumbuhan GPS saat ini. Lihat Survey Equipment dan Survey Equipment Supplies.

Saat ini ada 29 GPS satellite yang beredar pada 6 orbit. Secara ideal, 24 satellite sudah mencukupi untuk mengkover semua tempat dipermukaan bumi. Karena, minimal ada 4 satellite yang terdeteksi oleh GPS receiver untuk dapat menentukan posisi koordinat satu tempat (GPS Survey).

Nah kemudian kita akan membahas salah satu aplikasi GPS yaitu sebagai alat pelacak (tracking device) atau Survey Equipment. Technology instrumentasi dan elektronika saat ini sudah sedemikian maju sehingga dapat menciptakan GPS receiver dengen ukuran kecil (GPS Survey) . Untuk keperluan pelacakan, GPS receiver ini juga dilengkapi dengan transmitter yang dapat dapat dikoneksikan ke network melalui GPRS yang kemudian akan di process oleh server ditempat berbeda. Lihat GPS Survey Equipment dan Survey Equipment Supplies

Server bisa merupakan server indivual atau melibatkan operator (third party). Dari sini, di peroleh informasi keberadaan dari object yang sedang di lacak. Berikut ini adalah video singkat yang menggambarkan bagaimana applikasi dari GPS untuk keperluan pelacakan dari kehidupan sehari2 sampai keperluan kepolisian (GPS Equipment).

Sumber: geo.web.id

Temukan informasi lainnya hanya di Survey Equipment - Equipment Survey - GPS Survey - GPS Supplies - GPS Equipment - Survey Supplies - GPS Survey Equipment - Survey Equipment Supplies - GPS dan Survey Equipment: GPS Survey Equipment & Survey Equipment Supplies Jakarta Selatan hanya di 88db.com

No comments:

Post a Comment