Friday, May 15, 2009

Beberapa Handicraft Items Yang Berasal Dari Bambu

Bagi Paijan bambu adalah jenis tanaman yang sangat berguna. Di tangan pria berusia 41 tahun ini bambu bisa menjadi kerajinan Lombok bernilai seni dan ekonomi seperti kerajinan Lombok.

Melalui tangan kreatif Paijan, bambu-bambu yang ada disekitar rumah dan desanya dibuat menjadi berbagai macam produk kerajinan Lombok island yang menarik. “Bambu-bambu saya buat handicraft seperti tempat sampah, lampu, gantungan, figura, boks, tas dan nampan,” ungkap Paijan.

Tiap pekan Paijan bersama tujuh pengrajin handicraft mampu menghasilkan sekitar 60 kerajinan yang terdiri dari berbagai macam kerajinan bambu yang mereka produksi. Hasil kerajinan Lombok islandnya tak mahal. Produk kerajinan bambu Lombok handicraft berupa boks misalnya, untuk ukuran besar dengan panjang sisi 25 senti meter Rp 35 ribu, ukuran sedang dengan ukuran panjang sisi 20 senti meter Rp 30 ribu dan untuk ukuran kecil Rp 20 ribu.

Sampai saat ini pembuatan produk kerajinan bambu Lombok handicraft wholesale memang belum setiap hari. Paijan memproduksi bersama tujuh pengrajin kerajinan Lombok island lainya hanya tergantung pesanan dan stok produksi. Mereka mengerjakan kerajinan bambu Lombok handicraft wholesale ini hanya dua kali sepekan.

Paijan bersama tujuh pengrajin handicraft wholesale lainya tergabung dalam sebuah Kelompok Baru Muncul. Baru muncul adalah kelompok handicraft wholesale bersama yang ada di Desa Nawung, Gayamharjo, Prambanan Kabupaten Sleman.

Kelompok Baru Muncul ini berdiri pada akhir 2007 yang diprakarsai dan bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Internasional Arbeiter Samariter Bund (ASB). Sampai saat pasar kerajinan bambu Lombok handicraft memang belum banyak. Tapi setiap bulanya omset dari kerajinan bambu ini mencapai Rp 3 juta.

Bambu merupakan tanaman jenis palem. Bambu yang digunakan Paijan adalah jenis bambu hitam atau bambu wulung Lombok island. Saat ini bambu memang merupakan jenis tanaman yang sangat berguna untuk berbagai macam produk maupun untuk bahan bangunan.

http://www.beritajogja.com/

Temukan berbagai informasi lain mengenai Lombok HandicraftLombok Handicraft WholesaleKerajinan Lombok IslandKerajinan LombokLombok IslandHandicraft WholesaleHandicraftKerajinanWisata IndonesiaTempat Wisata Indonesia - Objek Wisata Indonesia - Tempat Wisata - Objek Wisata - Wisata hanya di Lombok Handicraft:Gili Lombok Handicraft & Kerajinan Lombok Island 88db.com

No comments:

Post a Comment