Thursday, May 7, 2009

Arsitektur Ruang Hijau

PERUBAHAN iklim global masih menentukan arah perkembangan desain arsitektur ruang pada tahun 2008, bahkan menjadi suatu kepedulian semua pihak, terutama para arsitek. Dengan demikian, arsitektur desain hijau (green architecture) dengan ciri bangunan gedung atau kawasan berkonsep ramah lingkungan yang sering disebut green building atau green development diperkirakan berkembang. Hal ini salah satu bentuk partisipasi para arsitek interior ruang dan desain dapur dalam upaya perbaikan iklim, peningkatan kawasan yang nyaman (comfort zone), dan pelestarian lingkungan.

Dengan kata lain,
arsitektur interior dan desain kitchen set hijau dan semua hal yang mengedepankan sustainable architecture atau arsitektur ruangan dan desain dapur yang berkelanjutan akan tetap mendominasi konsep arsitektur dapur dan interior ruang pada tahun depan dengan isu utama maksimalisasi penghijauan.

Arsitek
interior desain dan desainer interior ruangan Samuel A. Budiono yang sekaligus merupakan presdir PT Samuel A. Budiono & Associates misalnya, membuat desain arsitektur ruang dan desain kitchen yang bersahabat dengan alam sekitarnya.
Karya arsitektur interiornya terutama interior kitchen set yang sangat memerhatikan lingkungan dengan tetap mempertahankan unsur kemodernannya antara lain bangunan interior kitchen agro-park yang terdapat di Pandaan, Jawa Timur. Arsitektur desain bangunan utama dan interior ruangan agro-park dibuat tinggi, bertiang seperti interior kitchen set rumah tradisional di Kalimantan yang ditopang balok-balok kayu berdiri, sebagai bentuk desain arsitektur ruangan modern yang ekspresif dan desain ruangan melambangkan kebangkitan yang optimistis dari suatu kondisi apa pun yang dirasa negatif.

Samuel menegaskan desain
arsitektur dapur atau interior kitchen tahun depan lebih dinamis dengan bentuk interior dapur yang progresif dan menekankan pada pengembangan ruang dapur atau interior dapur sesuai dengan situasi sosial dan alam di sekitarnya . "Nanti desain ruangan arsitektur lebih dinamis di mana bentuk desain kitchen yang progresif dan yang menekankan pada movement desain kitchen set akan lebih berbicara dan gaya kitchen set minimalis yang statis mulai ditinggalkan," katanya.
Dia mengatakan aliran ruang dapur minimalis memang masih tetap eksis di sejumlah negara maju yang tingkat kesibukan warganya cukup tinggi. Tuntutan bentuk kitchen set yang simplicity dalam desain arsitektur interior desain sangat sesuai dengan life style yang supersibuk.

Mengenai unsur fungsi, kepraktisan dan bahkan kepolosan dari bentuk arsitektur dianggap mewakili era masyarakat sibuk, dibanding dengan adanya keruwetan yang ditimbulkan suatu ornamen.
Namun, gaya minimalis tampaknya sekarang ini mulai mencapai titik jenuh, terutama disebabkan kelatahan banyak pihak yang penggunaan istilah minimalis pada hampir setiap desain arsitektur.

http://www.lampungpost.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Arsitektur Ruang - Arsitektur Interior - Arsitektur Desain - Arsitektur Ruangan - Arsitektur Dapur - Interior Ruang - Interior Desain - Interior Ruangan - Interior Kitchen - Interior Kitchen Set - Interior Dapur - Ruang Dapur - Desain Ruangan - Desain Kitchen - Desain Kitchen SetKitchen Set - Desain Dapur dan Arsitektur&Interior Ruang:Desain Ruangan-Desain Kitchen Set&Dapur Jakarta Selatan di 88db.com

No comments:

Post a Comment