Thursday, May 14, 2009

Album Foto

Album Foto antik berbahan kertas karton dilapisi pelepah pohon pisang yang sudah dikeringkan, Desain Album foto ini laku keras di pasaran ekspor terutama diminati konsumen di pasar Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Album Foto yang diklasifikasikan barang seni dan kelihatan antik, ternyata banyak peminatnya dari anak-anak muda di negeri Paman Sam itu, kata Wayan Sutarma perajin sekaligus pedagang asal Klungkung, Bali, Rabu. Lihat Album Foto Pernikahan dan Album Desain.

Ia sendiri, belum mampu mengekspor langsung Album Photo yang diproduksinya, melainkan lewat pengusaha kargo di Denpasar dengan rata-rata seribu Photo Albums setiap tiga bulan.

Jumlah itu bisa dipenuhi dengan lancar dan tepat waktu, baik untuk dikirim ke mitra bisnis di negara-negara AS maupun Eropa.

"Saya kira banyak barang kerajinan berukuran kecil sejenis ini (Foto Albums) yang dibuat perajin kita dan mampu menembus pasar ekspor. Barang sejenis buatan perajin daerah lain juga dipasarkan ke luar negeri," ujarnya, sambil menunjukkan contoh Album Photonya.

Seni kerajinan seperti itu sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan Pulau Dewata, sebab pelepah pisang yang dibutuhkan untuk bahan baku lapisan album foto, bisa dibeli dari masyarakat pedesaan dalam jumlah tertentu.

"Saya tidak kesulitan membeli pelepah pohon pisang yang sudah dikeringkan untuk bahan baku album ini. Yang sulit justru mendapatkan kertas karton dengan jenis dan ukuran sesuai keperluan," kata pria bertubuh jangkung itu.

Pelepah pohon pisang yang dikeringkan tidak saja untuk lapisan album foto, tetapi juga banyak diperlukan untuk bahan baku tas, sendal, dompet, topi dan sebagainya, yang dipadukan dengan anyaman bambu maupun rotan.

Masyarakat di desa yang umumnya petani, terbantu penghasilannya dari memperdaganagkan pelepah pohon pisang yang sudah dikeringkan dan pengambilan pelepah pisang tidak mengganggu tanaman produktif. "Batang pisang yang tadinya terbuang bisa dijadikan uang," kata Wayan.

Selain itu munculnya aneka barang kerajinan berskala kecil juga membantu dalam memperbanyak perolehan devisa non-migas dari aneka barang kerajinan, yakni mencapai 79 juta dolar AS selama Januari-April 2007.

Sumber: antara.co.id

Temukan informasi lainnya mengenai Album Foto - Album Foto Pernikahan - Desain Album - Foto Album - Photo Albums - Desain Album Foto - Albums Photo - Album Photo - Albums Foto - Foto Albums - Photo Album - Desain Albums - Albums Desain - Album Desain hanya di Album Foto Kulit: Album Foto Pernikahan-Desain Album Foto & Albums Photo Bandung pada 88db.com

No comments:

Post a Comment