Friday, April 24, 2009

Tips Agar Mobil Tidak Boros Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar adalah perkara yang sensitif bagi pengendara mobil, terutama yang memilih sewa mobil Surabaya ketika berpergian. Semakin irit pemakaian bahan bakar, pemilik kendaraan tentu semakin senang. Tak heran bila di komunitas pecinta otomotif, selalu ramai dengan diskusi dan sharing mengenai tips agar mobil tidak boros. Tak ada salahnya anda mencoba tips berikut.

Jangan menginjak pedal gas dengan menghentak


Injakan harus stabil dan bertahap. Kalau
sewa mobil Surabaya dan pedal gas diinjak secara tiba-tiba, otomatis bahan bakar yang akan diisap ke ruang bakar juga semakin banyak. Sementara, pada saat itu putaran mesin masih rendah. Akibatnya tidak semua bahan bakar yang masuk ke ruang mesin terbakar. Ini yang disebut dengan pemborosan apalagi jika rent a car Surabaya. Karena, bahan bakar yang masuk tidak keluar dalam bentuk tenaga, tetapi ikut terbuang lewat knalpot.

Pindahkan gigi persneling sesuai RPM kendaraan


Saat memindahkan gigi persneling rental mobil Surabaya, alangkah baiknya pada rpm yang sesuai spesifikasi kendaraan. Spesifikasi ini dapat dilihat pada buku manual kendaraan rent a car Surabaya. Di brosur iklan biasanya juga terpampang keterangan mengenai moment maximum (torsi maximum) dalam satuan kgm/rpm.


Satu kebiasaan yang seringkali dilupakan pengendara rental mobil Surabaya adalah: tidak segera menyesuaikan gigi persneling setelah penurun kecepatan (deselerasi). Setelah berlari kencang lalu tiba-tiba ngerem mendadak, sebaiknya juga mengoper gigi perseneling ke posisi lebih rendah.


Periksa kondisi HC dan CO


Boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar juga ditentukan oleh komponen-komponen mesin
Surabaya rent car. Komponen mesin yang sudah banyak mengalami keausan/ kerusakan bisa menyebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna. Untuk mengetahuinya, periksa emisi gas buang. Apabila hasil pemeriksaan Surabaya rent car menunjukkan nilai HC (hidrokarbon) dan CO (karbonmonoksida) terlalu tinggi, ini pertanda pembakaran di ruang bakar tidak sempurna (banyak bahan bakar terbuang percuma).

Hubungan beban serta penggerak terhadap konsumsi bahan bakar


Faktor lain yang menentukan konsumsi bahan bakar adalah beban dan penggerak (pendorong kendaraan). Semakin berat beban yang harus diangkut, konsumsinya juga akan semakin besar. Yang dimaksud penggerak diantaranya, kopling, bearing (roda), kopel (propeler shaft), as roda, dan roda.


Bila komponen-komponen ini aus atau rusak, akan menyebabkan hilangnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk mendorong mobil mejalu. Sementara, konsumsi bahan bakarnya tetap besar. Terkait dengan roda, penyematan ban dan velg besar, termasuk juga mempengaruhi konsumsi bbm.



Sumber: Astraworld



Temukan berbagai informasi lain mengenai Sewa Mobil Surabaya - Surabaya Rent Car - Rental Mobil Surabaya - Rent A Car Surabaya hanya di
Sewa Mobil Surabaya & Surabaya Rent Car: Rental Mobil & Rent A Car Surabaya 88db.com

No comments:

Post a Comment